KPU Minahasa Launching Tahapan Pilbup 2018, Budiman: Minahasa Pioner Demokrasi Indonesia

Reporter : | 16 Sep, 2017 - 8:51 am WITA

KPU Minahasa ,Launching Tahapan Pilbup 2018,Arief Budiman, SSTONDANO, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, menggelar Sosialisasi dan Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Tahun 2018, di gedung Wale Ne Tou Tondano, Jumat (15/9/2017).

Ketua KPU Minahasa Meidy Y Tinangon S.Si, MSi, dalam ucapan selamat datang memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan karena kegiatan dengan agenda Pesona Pentas Pesona Minahasa Pioner Demokrasi Indonesia yang dirangkaikan dengan sosialisasi dan launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018, bisa diselenggarakan.

“Selamat datang kepada KPU RI bersama rombongan dalam Sosialisasi dan Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018, kiranya demokrasi yang sejarahnya berawal dari tanah Minahasa menjadi sejarah yang tak terlupakan dalam mengawal Demokrasi di Indonesia,” kata Tinangon.

Sementara itu, Ketua Panitia Sosialisasi dan Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018 Kristoforus Ngantung, S.Fils, melaporkan acara yang bertemakan Budaya ini, menampilkan pementasan teater berjudul “Demokrasi Indonesia Dimulai Dari Minahasa” yang dilakonkan oleh siswa dan siswi SMA N 3 Tondano.

Ketua KPU RI Arief Budiman, SS, S.IP, MBA, mengatakan pentas yang ditampilkan sangat luar biasa.

“Jika pentas ini dapat ditonton di tingkat nasional saya yakin Pemilihan Umum Akuntabel dan Kredibel dapat tercipta dengan baik,” kata Boediman.

Tahun 2018 nanti lanjut Boediman, 70 Persen dari total jumlah pemilih 120 Juta akan terlibat, dan ini menjadi pertaruhan bagi KPU apakah mampu melaksanakannya, dengan anggaran terbesar yakni Rp 23 triliun.

“Karena itu saya berharap Kabupaten Minahasa sebagai awal pioner demokrasi tercipta Pilkada yang damai dan berkualitas. Perbedaan merupakan hal biasa, mari kita bergandengan tangan membangun Negara Tercinta Indonesia. Akhir dari sebuah Pilkada adalah menyatukan perbedaan dalam Nilai Demokrasi yang kredibel, Akuntabel, dan Transparansi untuk menghasilkan pemilihan bersih dalam kompetisi untuk menghasilkan yang terbaik,” ungkap Boediman, sembari berharap Pilkada Minahasa 2018 dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Sedangkan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow, Msi, mengatakan acara yang digagas KPU Minahasa sangat luar biasa.

“Kita boleh berbeda namun kiranya perbedaan akan menjadi pemersatu. Mari kita berkompetisi secara sehat dan tetap mengedepankan aturan demi tegaknya Demokrasi di daerah kita Saya berharap Pikada dapat berlangsung dengan baik,” papar Bupati.

Usai sambutan Bupati, KPU selaku penyelanggara Pilkada menyerahkan surat keputusan tahapan Pilkada kepada Pimpinan Parpol dilanjutkan dengan pemutaran Jingle Video Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa,dan penyerahan cinderamata kerajinan tangan payangka.

Dipenghujung acara, Anggota DKPP yang juga Komisioner KPU RI Hasyim Asyari meminta kepada penyelenggara Pilkada KPU dan Panwaslu agar bekerja berdasarkan aturan. Dan kepada Parpol dan Calon Bupati maupun Wakil Bupati agar menghindari pertemuan dengan penyelenggara agar pesta demokrasi ini berkualitas. Acara pun ditutup dengan ucapan terima kasih dari komisioner KPU Minahasa Decky Paseki SH MH.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wabup Ivan Sarundajang, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng, SH.MH, Asisten Pemerintah dan Kesra Dr. Denni Mangala, Msi, Kapolres Minahasa Syamsubair SIK,MH, Dandim 1302 Letkol Inf Joubert Nixen Purnama S.Th, Kasie Intel Kejari Minahasa Ryan Untu, Ketua KPU Provinsi Sulut Yessy Y Momongan, STh, Msi, Anggota Komisioner Vivi T. L George, S.KM, Dr.Ardiles M.R Mewoh SIP, Msi, Zulkifli Golonggom, S.PdI M.Si, Fachrudd, pengurus Parpol dan undangan diantaranya pemilih pemula. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment