Kandouw Nahkodai AIPI Cabang Manado, Olly: Pengurus Harap Menyadarkan Masyarakat Tentang Politik

Reporter : | 15 Sep, 2017 - 11:10 pm WITA

AIPI Cabang Manado.

Pelantikan pengurus AIPI Cabang Manado.

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, secara resmi nahkodai Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Manado, setelah dilantik oleh Ketua AIPI Pusat Alfitra Salamm, Jumat (15/9/2017).

Pelantikan yang digelar di Hotel Peninsula Manado ini, turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, sekaligus membuka secara Resmi Seminar Nasional Undang -Undang Pemilu Tahun 2017 dan Dinamika Politik Lokal.

Gubernur Olly dalam sambutannya, mengatakan dengan dikukuhkan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw serta pengurus AIPI cabang Manado, dirinya berharap tugas AIPI cabang Manado, supaya kedepan mampu menyadarkan masyarakat Sulut tentang politik.

“Jangan politik dibawa ke hal-hal yang tidak baik, tapi jadikan keputusan-keputusan politik akan membawa masyarakat menjadi adil dan makmur. Politik itu penting, tapi politik yang beretika agar kita bisa mengawasi penyelenggara pemerintahan yang baik,” ungkapnya.

Sementara Wagub Kandouw dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantik dirinya sebagai ketua cabang AIPI Manado ini merupakan salah satu kepercayaan dari AIPI pusat.

“Saya merasa bangga dan memberikan aspresiasi kepada AIPI pusat telah percayakan saya pimpin AIPI cabang Manado,” katanya.

Menurut Kandouw, selaku Ketua AIPI cabang Manado yang baru, berharap kedepan agar AIPI di Sulut betul-betul memberikan kontribusi yang positif terhadap segala aspek politik yang ada secara khusus di Sulut.

“Sekarang ini harus kita akui bahwa politik lebih sering dipakai sebagai alat, sementara politik secara subtansial masih jauh panggang dari api. Seluruh penyelenggara politik, seluruh stakeholder politik, mohon maaf, baik di legislatif maupun stakeholder yang lain, dapat saya sampaikan masih sangat kurang menerapkan apa yang namanya subtansi politik. Untuk itu, mudah-mudahan dengan adanya AIPI kita, dimasa kepemimpinan saya, mari kita semua berkontribusi positif supaya kita dapat menghasilkan aura-aura yang positif,” pungkasnya.

Sementara Ketua AIPI Pusat Alfitra Salamm dalam sambutannya, mengatakan AIPI cabang Manado ini merupakan AIPI yang terbaik se Indonesia.

“Dulu pak Sarundajang jabat dua periode menjadi ketua AIPI dan sukses. Dan sekarang pak Wakil Gubernur Steven Kandouw. Tentunya kami dari AIPI menyambut baik kolaborasi antara Pemda dan AIPI, namun saya berharap kepada AIPI meskipun ketuanya Wagub, saya minta AIPI tetap kritis,” harapnya.

Disampaikan Alfitra, pengurus AIPI Manado, disamping bermitra dengan pemerintah, dapat juga melakukan inovasi-inovasi politik yang tentunya tujuannya untuk mensejahterahkan masyarakat

“Saya yakin pak Wagub sebagai ketua yang baru tentunya memiliki beban yang cukup besar, pertama saya melihat intensitas politik di provinsi Manado cukup tinggi sekali dari catatan, saya sebagai komisioner dewan kehormatan penyelenggara pemilu tahun 2016, Sulut ranking ke lima laporan pengaduan terhadap pelanggaran etik seluruh indonesia. Oleh karena itu, kami berharap kepada AIPI Manado untuk tetap melakukan evaluasi-evaluasi dengan tujuan masyarakat kita lebih baik lagi dalam bidang politik,” ujarnya.

Adapun sebagian susunan pengurus AIPI cabang Manado, yakni Steven Kandouw selaku Ketua, Ferry Daud Liando sebagai Wak Ketua, Ardiles Mewoh sebagai Sekretaris, dan Bendahara dipercayakan kepada Clay Dondokambey.

Turut hadir dalam pengukuhan AIPI cabang Manado, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, pakar politik S.H. Sarundajang, Ketua Bawaslu Kabupaten dan Kota, sejumlah Bupati dan Walikota, para Pejabat Pemprov Sulut, perwakilan dari mahasiswa, serta tamu undangan lainnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment