Pemkot Tomohon Sosialisasikan Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa

Sosialisasi wawasan Kebangsaan Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur Budaya
Sosialisasi wawasan Kebangsaan Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur Budaya

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kamis (14/9/2017) menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa bertempat di Aula Kesbangpol Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan sekaligus memberikan materi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata implementasi gerakan nasional revolusi mental, yang bertujuan untuk melakukan perubahan cara berpikir, cara kerja, dan cara hidup melalui tiga nilai strategis karakter bangsa mengacu pada integritas, etos kerja dan gotong royong untuk mencapai tujuan nasional mewujudkan Indonesia berdaulat, berdikari dan berkepribadian berdasarkan Pancasila.

‘’Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sangat dibutuhkan integrasi sosial yang kuat, yang terbangun di atas landasan pemahaman akan nilai-nilai luhur bangsa. Secara nasional, pembangunan dan pengembangan integrasi sosial, masih menemui berbagai hambatan dan tantangan. Apalagi dalam era globalisasi dan keterbukaan, dimana batas-batas negara semakin kabur,’’ katanya.

Selain itu adanya reformasi dan demokratisasi, telah membawa perubahan kehidupan Sosial Politik dan Budaya yang cukup signifikan, yang dapat menimbulkan kekacauan dalam upaya pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa.
Pembinaan intergrasi sosial melalui kegiatan semacam ini mendapat perhatian yang sangat serius dan diharapkan perhatian yang sama muncul dan berkembang luas juga dikalangan masyarakat, terutama pada siswa-siwsi dan tokoh pemuda/perempuan.
‘’Melalui kegiatan ini kita terus meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi segala bentuk gejolak yang akan terjadi, sebagai upaya kita mengantisipasi berbagai potensi kemungkinan terjadi konflik, baik yang bernuansa SARA maupun Politik dan demi mencapai sasaran yang diharapkan.

Kepala Badan Kesbang menyematkan secara simbolis tanda peserta
Kepala Badan Kesbang menyematkan secara simbolis tanda peserta

Sementara Kepala Badab Kesbangpol Kota Tomohon Toar JS Pandeirot SPd MM dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat maupun komponen masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya Bangsa Indonesia.

Peserta kata Pandeirot,  terdiri dari para siswa, mahasiswa, aktifis, LSM, insan pers dan tokoh-tokoh masyarakat.
Turut hadir dan memberikan materi tentang Empat Pilar , Anggota DPD/MPR-RI Ir Stefanus BAN Liow Akademisi Dr Tommy Sumakul SH MH, Wakapolres Tomohon Kompol Dewa Made Palguna SH SIK, Perwira Penghubung Kodim 1302 Kapten Infantri Feky Welang, Kasi Intel Kejari Tomohon Wilke Rabeta SH. (ark)