Silangen Pimpin Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Reporter : | 13 Sep, 2017 - 12:39 am WITA

Edwin Silangen

Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, ketika memimpin Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sulut, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Minahasa Utara, Selasa (12/9/2017).

SULUT, (manadotooday.co.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen, mewakili Gubernur Olly Dondokambey memimpin Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sulut, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Minahasa Utara, Selasa (12/9/2017).

Dalam sambutannya, Silangen mengatakan terlaksananya agenda saat ini merupakan langkah tepat dan strategis dari kita semua, serta sebagai salah satu bentuk kesiap siagaan kita dalam upaya bersama untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, khususnya terkait dengan potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan di daerah yang kita cintai bersama.

Menurut Silangen, hutan adalah kekayaan alam yang tak ternilai harganya yang merupakan anugerah dan karunia kepercayaan dari Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, ini merupakan modal pembangunan nasional memiliki manfaat yang nyata bagi kehidupan dan penghidupan bangsa indonesia.

“Menyadari peran penting hutan bagi kehidupan dan sebagai ungkapan syukur kita atas anugerah tersebut, hutan kemudian harus diurus dam dikelola dilindungi dan dimamfaatkan sebaik mungkin secara keseimbangan melalui berbagai upaya perlindungan hutan dengam mencegah dan membatasi kerusakan hutan yang di sebabkan oleh perbutan manusia dan ternak, kebakaran, daya-daya alam, hama penyakit,” ujar Silangen.

“Saya menyambut positif digelarnya apel siaga ini. Marilah semua stakeholder terkait untuk menyukseskan bersama-sama agenda penting ini sebagai komitmen dan dukungan nyata kita dalam upaya pencegahan dan pengendalian secara dini munculnya ancaman kebakaran hutan dan lahan di daerah kita,” ajak Silangen

Silangen menambahkan, dengan apel siaga saat ini dan berbagai upaya positif lainya yang kita lakukan secara terencana, fokus dan berkelanjutan serta dilandasi jiwa gotong royong, bersatu padu, bahu membahu antar stakholders terkait, baik pemerintah TNI Polri dan LSM akanenghindarkan daerah kita semua dari bahaya yang sangat merugikan yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan yang tidak kita inginkan bersama, serta mari kita memegang prinsip lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Daerah Sulut, Herry Rotinsulu mengatakan, apel siaga ini merupakan bentuk kerjasama Dinas Kehutanan daerah Provinsi Sulut dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sulawesi Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Menurut Rotinsulu, masyarakat Sulut yang ingin mendapatkan bibit pohon Mahoni dan Kenari dapat langsung datang di Dinas Kehutanan Sulut di Bidang PDAS-RHL melalui Kepala Bidang Selvie Rumayar.

Pada apel tersebut, Silangen menyerahkan secara simbolis bantuan bibit pohon Mahoni dan bibit pohon Kenari pada peserta perwakilan dari TNI.

Turut hadiri dalam acara itu, Bupati Minahasa Utara Vonny Panambunan, Sekda Minahasa Jemmy Kuhu, jajaran Forkopimda Minahasa Utara, Pejabat Eselon II Pemprov Sulut, serta tamu undangan lainnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment