Dana Alokasi Khusus Pendidikan Tahap II di Mitra Dicairkan Oktober

Dana Alokasi Khusus , DAK pendidikan,  Djelly Waruis SPt MM, Felda Tombokan SPd, RATAHAN, (manadotoday.co.id)—Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara Djelly Waruis SPt MM, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Felda Tombokan SPd, mengatakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap IItahun 2017, untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Minahasa Tenggara (Mitra), akan disalurkan pada Oktober 2017.

“Jadi DAK tahap II tahun 2017 pada bulan oktober akan disalurkan, tapi sekolah yang telah menerima DAK tahap I harus memasukan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) terkait kegiatan yang dilakukan disetiap sekolah, jika tidak sekolah tersebut tidak akan menerima DAK tahap II,”terang Tombokan.

Menurut Tombokan, penerima DAK untuk SD dan SMP harus laporkan dulu apa-apa saja kegiatan pada DAK tahap I.

”Pihaknya telah memberitahukan kepada sekolah penerima DAK agar segera masukan LPJ tahap I paling lambat pada bulan Oktober,”ujar Tombokan.

Lanjut dikatakannya, DAK tahap I tersebut digunakan sekolah untuk keperluan pengadaan ruang kelas baru (RBK), merehap sekolah dan pembuatan laboratorium (Lab) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Memang DAK kali ini difokuskan pada tiga hal tersebut, agar para siswa dapat menjalankan aktivitas belajar mengajar lebih baik lagi,”kata Tombokan.

Dijelaskannya, tahapan proses pencairan DAK yakni, jika pekerjaan tahap I sudah selesai 40 persen maka DAK tahap II baru bisa dicairkan. Untuk DAK tahap III akan dicairkan jika progres fisik sudah capai 70 persen.

“Mekanismenya seperti itu, jadi saya dorong kepada sekolah-sekolah penerima DAK untuk melaksanakan semua hal sesuai aturan yang ada,” tandas Tomobokan, seraya meminta agar penerima DAK tahap II dipergunakan sebaik-baiknya.(ten)