Bank Arta Graha Manado Siapkan Rp.500 untuk Program KUR

Bank Arta Graha Manado, Raymond Christoffel.
Kepala Cabang Bank Arta Graha Manado, Raymond Christoffel.

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka menunjang program pemerintah menekan angka kemiskinan dan mencegah terjadinya kesenjangan di masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut) terutama bagi kalangan ekonomi kebawah/mikro, pedagang kecil khususnya bagi para petani, Bank Arta Graha Manado menyiapkan anggaran Rp.500 Miliar untuk program kredit usaha rakyat (KUR).

Kepala Cabang Bank Arta Graha Manado, Raymond Christoffel, menjelaskan, anggaran KUR Bank Arta Graha di seluruh Indonesia untuk 2017 sebesar Rp.3 Triliun, dan plafon anggatan di Manado Rp. 500 Miliar.

“Sampai saat ini sudah 10 persen disalurkan atau baru Rp50 Miliar. Arti kata masih ada Rp. 450 Miliar harus disaampaikan kepada para petani khsusunya,” ujarnya.

Dikatakan Christoffel, penyaluran KUR secara teknis di lapangan, Bank Arta Graha menggandeng 38 mitra kerja se-Indonesia yang bertugas menyeleksi para calon penerima KUR yang memenuhi syarat melalui data dan survey lapangan.

“Jika benar-benar lengkap dan sah maka dilakukan proses pencairan oleh Bank Arta Graha yang tetap dibantu oleh mitra kerja diwilayah masing-masing,” ungkapnya, sembari mengungkapkan mitra kerja dari Bank Arta Graha itupun diseleksi dipilih dan harus mempunyai satu visi dalam penyaluran KUR dengan Bank Arta Graha yakni pemberdayaan masyarakat dan mensejahterakan petani, pedagang kecil dan usaha mikro.

Menurut Christoffel, pengurusan KUR syaratnya dinilai lebih fleksibel tanpa menyampingkan syarat standar lainya seperti, KTP, KK, surat keterangan dari pemerintah desa setempat (benar petani, pedagang dan tempat usaha kecil) serta juga mempunyai lahan garapan bagi petani. Sebab syarat seperti SIUP, SITU TDP dan harus memiliki rekening mutasi dari bank yang jelas, itu dinilai menyusahkan dipenuhi para petani dan usaha mikro/pedagang kecil, sehingga KUR inilah yang menjadi jalan keluar pemerintah.

“Intinya benar-benar pengusaha yang dibuktikan dengan SHU, dan bukan pegawai (ASN) serta tidak memiliki pinjaman modal di Bank lain, karena itu akan dianggap Bankeable atau menyimpang dari aturan awal tidak tepat sasaran dan itu juga berlaku prosesnya pada bank umum lainnya,” tandasnya.

Ia menambahkan, target penyaluran KUR Bank Arta Graha Manado di wilayah Sulut, yakni Manado, Tomohon, Minahasa bersatu serta wilayah Bolmong, Kota Kotamobagu dan sekitarnya (yang ada cabang Bank Arta Graha).

Adapun untuk kategori penerima KUR itu ada 3 yakni, usaha mikro penerima 0 sampai Rp 25 Juta (tanpa jaminan), Retail (memiliki jaminan, izin usaha/perijinan, lokasi usaha jelas) itu Rp25 sampai Rp500 Juta, dan ketiga adalah KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI), khusus TKI yang akan berangkat dan memerlukan modal lebih awal, ini sesuai target pemerintah juga yang pada umumnya bunga 9 persen pertahun. (ton)