Walikota Bitung Serahkan Dana Stimulan Kepada Korban Bencana

bansosMASYARAKAT korban bencana alam di Kota Bitung, menerima dana stimulan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN), yang diserahkan Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, didampingi Ketua Komisi A DPRD Kota Bitung Victor Tatanude dan Sekretaris Kota Bitung Drs Audy Pangemanan AP MSi, di Kelurahan Tandurusa Kecamatan Aertembaga Rabu (6/9/2017).

bencana bitung,  dana stimulan bencanaLomban menjelaskan dana stimulan yaitu dana bantuan yang bukan keseluruhan atau dana perangsang untuk masyarakat pasca bencana membangun rumahnya kembali.

“Dana yang diberikan ini diharapkan dapat disalurkan tepat sasaran sesuai dengan data yang ada, dan bagi masyarakat yang menerima dana tersebut gunakanlah dengan bijaksana, kalau diperuntukan untuk membangun rumah jangan gunakan dana tersebut untuk hal-hal yang lain, karena semua hal yang kita lakukan pasti ada pertanggungjawabannya,”ujarnya.

Walikota Bitung Serahkan Dana Stimulan Kepada Korban Bencan2Lomban kemudian menghimbau kepada seluruh Camat, Lurah, RT RW agar melarang keras masyarakat membangun rumah di tempat yang rawan longsor.

Walikota Bitung Serahkan Dana Stimulan Kepada Korban Bencan3Diketahui, 207 Kepala Keluarga (KK) yang mendapat bantuan ini, dengan kategori rusak ringan mendapatkan Rp.5 juta, rusak sedang mendapatkan Rp.15 juta dan rusak berat Rp.30 juta.

Total bantuan sebesar Rp.5,1 miliar dan dicairkan melalui BRI lewat buku tabungan dan ATM dengan melengkapi persyaratan administrasi.(kys/adv)