Bawaslu Sulut Gelar Sosialisasi Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Pilkada Minahasa 2018

Reporter : | 02 Sep, 2017 - 8:04 pm WITA

Bawaslu Sulut , Pilkada Minahasa 2018TONDANO, (manadotoday.co.id) – Guna menghasilkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tahun 2018 yang aman, damai dan berkualitas, maka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara, menggelar sosialisasi Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, di Hotel Toudano, Sabtu (2/09/2017) .

Acara diawali dengan ucapan selamat datang dari ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit SPd, kemudian dibuka dengan doa oleh Rommy Rompas SH, selanjutnya sambutan anggota Bawaslu Sulut Jhony Suak SE M.Si yang mengatakan bahwa untuk menghasilkan Pilkada yang berkualitas, dibutuhkan peran serta dari seluruh stackhokder masyarakat.

“Bawaslu, Panwaslu, Panwas Kecamatan hingga PPL tidak mungkin bisa menjangkau luasnya wilayah pelaksanaan Pilkada, makanya perlu adanya partisipatif yang aktif dari berbagai elemen masyarakat guna mewujudkan Pilkada yang berkualitas,” ujar Suak.

Suak yang juga tampil sebagai nara sumber mengatakan ada dua hal yang sangat mempengaruhi pelaksanaan Pilkada, pertama kurangnya informasi Pemilu, lalu kedua rendahnya pengetahuan teknis pengawasan Pilkada atau Pemilu.

Sementara itu, Bupati Minahasa yang diwakili oleh Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangalah, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Sulut.

“Pemkab mendukung penuh tugas-tugas Panwaslu Minahasa dengan menyiapkan anggaran dalam APBD Minahasa. Dan kiranya dana ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,”ujar Mangalah.

Diapun mengajak segenap stackholder untuk mendukung Pilkada Minahasa agar berkulitas dan sedini mungkin menangkis hate speech dan hoax yang akhir-akhir ini terus terjadi dan akhirnya akan mengganggu suasana kehidupan masyarakat Minahasa menjelang Pilkada yang dimulai pada September tahun depan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota Bawaslu Sulut yang juga menjadi narasumber Syamsurizal Musa, Kepala sekretariat Herry Mawuntu, anggota Panwaslu Minahasa Erwin Sumampouw dan Rendy Umboh. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment