Gubernur Olly Paparkan Peluang Investasi Sulut di Forum Bisnis Internasional Indonesia-Canada

foto 1
Gubernur Olly Dondokambey di acara Forum Bisnis Internasional Indonesia-Kanada.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menjadi salah satu dari Empat Gubernur di Indonesia, yang mendapat kepercayaan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), mengikuti Forum Bisnis Internasional Indonesia-Kanada.

Pada agenda bertajuk “EXPLORING  BUSINESS OPPORTUNITIES IN INDONESIA” yang digelar di gedung Aberdeen Pavilion, Landsdowne Park, Ottawa-Kanada, Jumat (25/8/2017) waktu setempat, Olly diberikan kesempatan menjadi pembicara.

Saat memberkan materi dengan judul “Investment Opportunities in Indonesia”, Olly memaparkan berbagai peluang investasi di Provinsi Sulut pada sektor pariwisata, sumber energy, infrastruktur, dan agro industri.

foto 2
Gubernur Olly Dondokambey di acara Forum Bisnis Internasional Indonesia-Kanada.

Olly pun menjelaskan beberapa proyek investasi strategis Sulut yang siap untuk ditawarkan ke investor karena sudah memikili studi kelayakan, dan proyek tersebut layak dikerjakan karena memberikan manfaat untuk pembangunan dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, diantaranya proyek pengembangan listrik tenaga panas bumi (Geothermal) berpotensi 918 Megawatt dengan nilai investasi diperkirakan sebesar 1.8 Juta US Dollar, listrik tenaga surya untuk 3 (tiga) Kabupaten Kepulauan dan daerah terpencil serta daerah pariwisata di pulau-pulau yang membutuhkan listrik khususnya berbasis tenaga surya.

foto 3
Gubernur Olly Dondokambey di acara Forum Bisnis Internasional Indonesia-Kanada.

Olly juga memaparkan rencana pembangunan Jalur Kereta Api Manado-Bitung, dan Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

“Pak Gubernur (Olly Dondokambey) memberikan jaminan untuk mendukung investor yang telah siap untuk berinvestasi dan menanamkan modal di Provinsi Sulut,” ujar Kepala Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Provinsi Sulut, Clay June H Dondokambey, yang turut mendampingi Gubernur Olly pada pertemuan tersebut.

foto 4
Gubernur Olly Dondokambey di acara Forum Bisnis Internasional Indonesia-Kanada.

Hadir pada forum diskusi tersebut, Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif RI Ricky Joseph Pesik, Gubernur Sumatera Barat Irwant Prayitno, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk New York Erwin Haryono, Serta Deputi Senior Asia Internasional Business Development Canada Mr. Jean Mark Hunt.

Gubernur Olly Buka ‘FESTIVAL INDONESIA-KANADA 2017’

Pada rangkaian kegiatan Forum Bisnis Internasional Indonesia-Canada, Gubernur Olly Dondokambey diberikan kehormatan membuka ‘FESTIVAL INDONESIA-KANADA 2017’ yang ditandai pemukulan gong.

foto 5
Gubernur Olly Dondokambey di acara Forum Bisnis Internasional Indonesia-Kanada.

Pada kesempatan itu, Olly turut didampingi Walikota Ottawa Jim Watson, Deputi Chief Mision / Wakil Duta Besar RI Canada Suwartini Wirta.

Festival Musim Panas/IndoFest 2017 yang menampilkan pagelaran budaya, menu kuliner, exhibition produk kerajinan tangan, berbagai produk garmen, maupun informasi destinasi wisata di Indonesia, digelar di lokasi forum diskusi bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kanada.

Festival ini berlangsung meriah dengan antusias kehadiran pengunjung dari warga negara Kanada maupun diaspora Indonesia. Hal ini pula mengundang kekaguman dari penduduk Kota Ottawa atas keberagaman budaya dan pesona di tanah air Indonesia.

foto 6
Gubernur Olly Dondokambey di acara Forum Bisnis Internasional Indonesia-Kanada.

Ketua Tim Penggerak PPK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan yang turut hadir pada festival tersebut, mengatakan, momentum pagelaran Festival ini menjadi memotivasi dan inspirasi bagi segenap TP-PKK Provinsi Sulut untuk memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun Industri Rumahan (Home Industry), guna mengelorakan potensi export produk khas daerah Bumi Nyiur Melambai Sulut ke Manca Negara.

Turut hadir pula pada kegiatan itu, Kepala Perwakilan BI Sulut Soekowardojo, Karo Administrasi Ekonomi dan SDA Setda Provinsi Sulut, Franky Manumpil, serta tamu undagan lainnya. (advetorial)