TP-PKK Nasional Verifikasi Data ‘HATINYA’ PKK di Sulut

HATINYA PKK
Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos didampingi pengurus PKK dan pejabat Pemprov Sulut, ketika menyambut kedatangan tim verifikasi data ‘HATINYA’ PKK Nasional.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Tim PKK Nasional yang terdiri dari Ketua Bidang III Ketahanan Keluarga Hanifah Husein, dan Ketua Pokja III TP PKK Pusat H. Johan Susmono, melakukan verifikasi data ‘HATINYA’ (Halaman Asri, Teratur Indah dan Nyaman) PKK Desa Pulutan, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa, Selasa (22/8/2017).

Kunjungan tim penilai lomba HATINYA ini, disambut Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, selanjutnya didampingi Wakil Ketua TP-PKK Sulut Sartje Rondonuwu-Lumanauw, Ketua Pokja III Berhimpon Dien, Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa Denny Mangala, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Minahasa S. W. Siagian, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, jajaran pemerintah Minahasa, TP-PKK Minahasa, mengunjungi Desa Pulutan.

Pada kesempatan itu, Ketua Pokja III Yulin Kowaas-Linu membacakan profil Desa Pulutan, serta menjelaskan tentang tanaman yang dikembangkan di Desa Pulutan, dan juga menyampaikan tentang kelebihan yang didapat karena adanya pengembangan berbagai tanaman.

Ketua PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan, yang diwakili Wakil Ketua Sartje Rondonuwu-Lumanauw, mengatakan, pihaknya berharap tim Penilai PKK Pusat mendapatkan kesan yang baik.

“Pemerintah Provinsi akan mendukung secara berjenjang untuk kegiatan HATINYA PKK ini, dalam upaya membangun Kabupaten Minahasa yang kita cintai,” tukasnya.

Sementara Ketua Bidang III Ketahanan Keluarga PKK Pusat, Hanifah Husein, ketika membacakan sambutan Ketua Umum PKK Erni Guntarti Cahyo Kumolo, mengatakan, maksud dan tujuan lomba ini intinya adalah respon pemerintah maupun masyarakat sangat baik dari tahun ke tahun.

“Proses penilaian dilakukan secara berjenjang terbuka dan objektif. Diharapkan kegiatan lomba ini bukan hanya disaat penilaian melainkan secara berkelanjutan,”ujarnya.

Menurut Hanifah, banyak pihak yang telah memberikan masukkan dalam penilaian, yaitu untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di berbagai wilayah. Pemberdayaan keluarga bukan sebatas kata-kata melainkan dilakukan. Kegiatan ini memiliki prinsip dasar agar setiap keluarga menjadi berdaya dan sejahtera.

“Terima kasih kepada Bupati Minahasa Jantje W. Sajow, dan Ketua TPP PKK Minahasa Olga Sajow-Singkoh, yang sudah bersama-sama dengan masyarakat untuk membangun Desa, saya berpesan janganlah lelah dalam merawat desa, dan membangun Kabupaten Minahasa tercinta ini ,” tutupnya.

Dalam acara itu ditampilkan sejumlah atraksi kesenian oleh pelajar SD, SMP dan SMA, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah, kemudian pantauan ke kebun PKK, rumah warga dan lokasi

Sebelumnya, tim yang sama menilai lomba IV A Test di Kota Bitung. IVA (Inspeksi Visual Asam asetat ) adalah pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sapai dengan 5 persen. (ton)