Eman Buka Penyuluhan PHBS kepada Siswa SMA se-Kota Tomohon

Reporter : | 22 Agu, 2017 - 9:11 pm WITA

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Selasa (22/8/2017) membuka kegiatan Penyuluhan Masyarakat Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa-siswa SMA se-Kota Tomohon yang dilaksanakan di Aula Tulip Inn Kelurahan Paslaten Satu Kecamatan Tomohon Timur.

Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon melalui Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan.

Dalam sambutannya, wlai kota mengatakan, pada periode  anak usia sekolah, didapatkan banyak permasalahan kesehatan yang sangat menentukan kualitas anak di kemudian hari. Masalah kesehatan tersebut meliputi kesehatan umum, gangguan perkembangan , gangguan perilaku dan gangguan belajar.

‘’Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemandirian dan peran serta warga sekolah dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sehingga anak sekolah tumbuh sehat, cerdas dan berprestasi,’’ katanya.

Menurut Eman, pada umumnya penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah berkaitan dengan gaya hidup atau lifestyle. oleh karena itu penanaman nilai-nilai PHBS di sekolah merupakan kebutuhan mutlak dan dapat dilakukan melalui pendekatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Siswa-siswa peserta penyuluhan

Siswa-siswa peserta penyuluhan

‘’PHBS di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktekkan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat,’’ tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Moudy S Pusung SKep Ns dalam laporannya mengatakan, tujuan khusus pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan presentase  anak sekolah yang menerapkan PHBS, anak sekolah menjadi kader kesehatan bagi keluarganya, sekolah menjadi lembaga pembelajaran tentang PHBS dan para guru menjadi mitra pengembangan PHBS di tatanan sekolah.

Hadir pula dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Kesehatan Tomohon Jhon Kereh MKes, para narasumber dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut  Rima Lolong MKes, jajaran Dinas Kesehatan Tomohon serta para peserta siswa-siswi dan guru dari perwakilan SMA se- Kota Tomohon. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment