Gubernur Olly Irup HUT Kemerdekaan RI ke-72 Tingkat Provinsi Sulut

Reporter : | 17 Agu, 2017 - 10:00 pm WITA

foto 1

Gubernur Olly Dondokambey, ketika bertindak sebagai Irup HUT Kemerdekaan RI ke-72.

SULUT, (manadotoday.co.id) – HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dirayakan Pemprov Sulut dengan menggelar Upacara Bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan pada Kamis (17/8/2017) pagi dan upacara penurunan bendera pada sore hari.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara yang digelar di Lapangan KONI Sario Manado.

Upacara yang dikomandani Letkol Laut Lorensius Ari Ponggi, turut dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP. PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos.

foto 2

Gubernur Olly Dondokambey, menyerahkan bendera Merah-Putih kepada anggota Paskibraka Sulut 2017.

Pada upacara yang berjalan cukup hikmah itu, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI, dan pengibaran bendera dilakukan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 30 siswa SMA berprestasi di 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut.

Di akhir upacara yang turut diikuti jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Lombok, para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sulut, pejabat teras di Lingkup Pemprov Sulut, Anggota Legiun Veteran, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan siswa, dilanjutkan dengan mendengarkan lagu-lagu perjuangan dari ratusan pelajar SMK Negeri 1 Manado.

foto 3

Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP. PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan Ketua DWP Sulut Ivonne Lombok, foto bersama Anggota Paskibraka Sulut Tahun 2017.

Menariknya, usai upacara penaikan bendera dilanjutkan dengan gelaran teaterikal singkat, perjuangan Pahlawan asal Sulut dari suku Bantik Robert Wolter Mongisidi hingga tewas ditembak tanpa memakai penutup mata.

Kepada wartawan usai pelaksanaan upacara, Gubernur Olly didampingi Wagub Kandouw, ikut menggelorakan semangat kemerdekaan.

“Semangat untuk terus membangun bangsa dan negara harus terus kita kobarkan, sebagai mana cita-cita luhur para Pahlawan Bangsa yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Merdeka, merdeka, merdeka!,” ujar Olly.

foto 4

Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP. PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan Ketua DWP Sulut Ivonne Lombok, foto bersama jajaran Forkopimda Sulut.

Hal yang sama pula dikatakan Wagub Kandouw. “Pelaksanaan  upacara berlangsung dengan lancar dan nyaris sempurna, ini semua berkat kehendak Tuhan dan dukungan doa serta moril semua pihak, terlebih masyarakat. Terima kasih kami ucapkan pada panitia pelaksana, serta lebih khusus pada adik-adik Paskibraka yang telah menjalankan tugas dengan baik,” pungkasnya.

Selanjutnya, Gubernur Olly dan Wagub Kandouw beserta seluruh unsur Forkompimda dan anggota DPRD Sulut, melakukan pertemuan silahturahmi dengan ratusan Legiun Veteran RI Sulawesi Utara di ruangan sidang paripurna DPRD Sulut.

foto 5

Gubernur Olly Dondokambey, ketika akan menerima kembali bendera Merah-Putih dari anggota Paskibraka Sulut 2017.

Sementara itu, Kamis malam dilanjutkan dengan acara toast kenegaraan yang digelar di Wisma Negara Kompleks Gubernuran Bumi Beringin Manado. Pada kegiatan itu, digelar doa bersama yang dipimpin oleh para tokoh agama, untuk kejayaan Indonesia dan Sulawesi Utara. (advetorial)

Baca Juga :

Leave a comment