Eman Buka Diklat PIM IV Angkatan XI Kota Tomohon

Reporter : | 14 Agu, 2017 - 5:21 pm WITA

Wali Kota Tomohon menyematkan tanda peserta

Wali Kota Tomohon menyematkan tanda peserta

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin (14/8/2017) membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XI Pemerintah Kota Tomohon Pola kemitraan antara Pemerintah Kota Tomohon dan Badan Diklat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2017 di Aula Homestay Walian Satu Tomohon Selatan.

Dalam sambutannya, Eman mengatakan, Diklat Kepemimpinan merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh aparatur pemerintah karena memegang peranan penting dan strategis bagi keberhasilan pemerintah dan pembangunan, serta mendukung terciptanya tata kepemerintahan yang baik.

‘’Dalam penyelenggaraan Diklat seperti ini, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya hingga memperoleh hasil yang signifikan yang nantinya menjadi bagian dalam pelaksanaan pemerintahan demi kemajuan Kota Tomohon,’’ ucap Eman seraya berharap peserta tidak sekadar mengikuti Diklat untuk memenuhi persyaratan menduduki jabatan, melainkan harus menghasilkan perubahan sikap, perilaku dan etika PNS serta meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam memimpin sebuah organisasi sehingga menjadi pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam laporannya, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV, dan sasarannya terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon IV.

Dijelaskannya, peserta Diklat saat ini merupakan pejabat pengawas eselon IV yang berjumlah 30 orang, laki-laki dan perempuan masing-masing 15 orang. “Pembukaan dan penutupan kegiatan dilakukan di Aula Homestay, sedangkan untuk tempat penyelenggaraan Diklat di Badan Diklat Daerah Provinsi Sulut selama 97 hari kerja mulai 14 Agustus 2017,’’ jelasnya.

30 Peserta Diklat PIM IV Angkatan XI Kota Tomohon

30 Peserta Diklat PIM IV Angkatan XI Kota Tomohon

Kaban Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sulut Ir Jefry Senduk mengatakan, dalam kerangka sistem manajemen kepegawaian di Indonesia, pejabat struktural eselon IV memainkan peranan penting dalam melaksanakan kegiatan di instansinya masing-masing serta mengelola seluruh stakeholder dan memimpin bawahannya secara efektif dan efisien guna memperoleh hasil yang maksimal.

“Tugas ini menuntut seorang pejabat eselon IV memiliki kemampuan dan kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan kegiatan di instansi,” ujar Senduk.
Hadir sebagai pemateri Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infantri Jubert Nixon Purnama STh, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, mewakili Kajari Tomohon Kasi Tindak Pidana Umum Windu Sugiarto SH MH. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment