Dinas Ketahanan Pangan Juarai Lomba Cipta Menu Rangkaian TIFF

TOMOHON,  (manadotoday. co. id)–Lomba Cipta Menu antara Perangkat Daerah sebagai side event Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang dilaksanakan Jumat (11/8/2017)  dijuarai Dinas Ketahanan Pangan,  disusul Badan Kepegawaian,  Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tomohon dan Kecamatan Tomohon Tengah.

Wali kota meninjau menu yang dilombakan
Wali kota meninjau menu yang dilombakan

 

Kecamatan Tomohon Tengah sendiri diwakili Dharma Wanita Kelurahan Kolongan di bawah pimpinan Ny Yuliana Mait-Asaad. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon di lokasi Taman Kota bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan diikuti oleh seluruh perangkat daerah se- Kota Tomohon, Bhayangkari Kota Tomohon, Persatuan Wanita Patra PT Pertamina Geothermal Tomohon dan BUMD di Kota Tomohon.

Kepala Dinas Pangan Kota Tomohon Ir. Jantje Ering dalam laporannya mengawali kegiatan ini mengatakan,  bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA dan meningkatkan pemahaman peserta dan masyarakat dalam penerapan pronsip B2SA serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis pangan lokal.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman
SE Ak yang hadir dalam kegiatan tersebut dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini menjelaskan bahwa dalam lomba Cipta Menu kali ini semua bahan yang digunakan tidak memakai bahan beras, dan yang paling penting adalah agar para ibu-ibu dapat lebih mengembangkan ide-ide dalam mengolah bahan makanan menjadi menu makanan tradisional yang sehat yang akan disajikan di dalam keluarga dan masyarakat.

“Kita berharap juga bahwa ini akan menjadi suatu gerakan bagi masyarakat Kota Tomohon untuk lebih membiasakan mengkonsumsi makanan non beras, ” kata wali kota.

Sekretaris Kota di lomba cipta menu
Sekretaris Kota di lomba cipta menu

Sebagai daerah yang kaya bahan pangan lanjut wali kota,  tentunya banyak potensi untuk diolah menjadi bahan pangan berbasis lokal.

Oleh karena itu,  Eman menginstruksikan kepada seluruh perangkat daerah untuk menyediakan atau mensajikan makanan local seperti ubi, pisang, jagung dan lain-lain pada setiap kegiatan pemerintahan, ” tandas wali kota.

Hadir  dalam kegiatan lomba ini Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, Ketua Bhayangkari Polres Tomohon Ny Dewi Dewa Made Palguna , mewakili Ketua Persatuan Wanita Patra Pertamina Geothermal Lahendong Deni Novianti, Ketua Dharma Wanita Tomohon Dra Wihelmina Lolowang- Mince. (ark)