Giliran Rayon Minahasa Tenggara Diberi Penyuluhan Hukum dan Politik Gerejawi

Reporter : | 12 Agu, 2017 - 8:44 am WITA

RATATOTOK,  (manadotoday. co. id)–Menyusul Rayon lain,  Jumat (11/8/2017)  giliran Rayon Minahasa Tenggara mendapat Penyuluhan Hukum dan Pokitik Gerejawi oleh Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM.

Pnt Ir Stafanus BAN Liow saat kegiatan

Pnt Ir Stafanus BAN Liow saat kegiatan

 

Kegiatan dilaksanakan di Jenaat Eklesia Basaan Wilayaj Ratatotok diawali Ibadah dipimpin Ketua BPMJ Eklesia Basaan Pdt Corry Sengkey-Rasuh STh dan dibuka oleh Anggota BPMS GMIM yang juga Ketua Komisi P/KB Pnt Ir Stefanus BAN Liow.

Dalam sambutannya Pnt Stefanus Liow yang dalam keseharian menjabat Anggota DPD-RI dan MPR-RI mengatakan, kegiatan ini penting dan strategis untuk meningkatkan wawasan, kesadaran dan pemahaman di bidang hukum dan pendidikan politik gerejawi.

Pemateri saat membawakan materi kepada peserta

Pemateri saat membawakan materi kepada peserta

”Pembinaan hukum di dalamnya pencegahan konflik sosial dan penyalagunaan narkoba. Pendidikan politik gerejawi dilaksanakan agar warga gereja tidak menjadi korban politik serta menjauhkan diri dari politik uang, saling memfitnah, menghujat, menjatuhkan apalagi dalam menghadapi Pilkada, Pilcaleg bahkan pemilihan dalam lingkup institusi gereja,” kata Stefa–sapaan akrabnya.

Tampil sebagai Narasumbet Wakil Sekretaris BPMS GMIM Bidang Hukum, HAM dan Sertifikasi Aset Pnt Jhonly Wendur SH MH dan Ketua BPMW Ratatotok Pdt Christian Luwuk MTh dengan moderator Wakil Ketua P/KB GMIM Rayon Mitra Pnt Simon Aling.

Namun sejumlah peserta dan panitia yang berasal dari jenaat-jemaat se-Rayon Mitra  menyatakan kekecewaan atas ketidakhadiran narasumber dari Polda Sulut dan BNN Provinsi Sulut.

Terkait hal ini, Pnt Stefanus Liow mengatakan bahwa setahunya bahwa BPMS GMIM telah menyampaikan surat kepada kedua pimpinan instansi tersebut, termasuk penundaan waktu dari agenda sebelumnya tanggal 5 Agustus menjadi 11 Agustus 2017.

Foto bersama usai kegiatan

Foto bersama usai kegiatan

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Ketua DPRD Kabupaten Mitra Syamas Drs Tavif Watuseke, Camat dan Kapolsek Ratatotok, sejumlah Ketua BPMW yakni Belang Pdt James Aridan MTh dan Pasan Pdt Orda Sondakh MTh serta beberapa Ketua BPMJ.

Ketua Panitia Pelaksana Piet Kaparang didamping Ketua BPMJ dan Ketus Komisi P/KB GMIM Jemaat Eklesia Basaan Pdt Corry Sengkey-Rasuh STh dan Pnt Jano Piri mengatakan,  segala sesuatu disiapkan pihaknya untuk terlaksana kegiatan sinodal tersebut.  (ark)

Baca Juga :

Leave a comment