Biro Kesra Sulut Seriusi Penanggulangan Zoonosis di Sulut

Reporter : | 10 Agu, 2017 - 9:14 am WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawa pimpinan Kepala Biro dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, terus melakukan upaya dalam menanggulangi zoonosis di Sulut.

Salah satu terobosan yang dilakukan dr. Devi, dengan melakukan konsultasi dan koordinasi di Kementerian Kordinator Pembangun Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Rabu (9/8/2017).

Kunjungan dr. Devi yang didampingi Kabag Kesehatan, Perlindungan Perempuan dan Anak Biro Kesra Sulut, Verra M Pinontoan dan Kasubag Kesehatan Adrian J Rantung, diterima langsung Deputi bidang Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Sigit Priohutomo, dan Asisten Deputi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Kemenko PMK, Naalih Kalsum.

Pertemuan tersebut, sekaligus menindaklanjuti kegiatan kerjasama antara Pemprov Sulut dengan Kemenko PMK, dimana pada Februari 2017 lalu telah dijajaki penguatan peran SKPD dalam menanggulangi zoonosis, yang turus dihadiri pula dinas terkait Kabupaten/Kota se Sulut, serta pihak Unsrat Manado.

Pada pertemuan itu kemudian dilanjutkan dengan dialog, sekaligus memaparkan kasus kematian akibat rabies di Sulut. Menurut dr. Devi, sesuai data kasus rabies Sulut mengalami penurunan.

Seperti diketahui, pengertian zoonosis secara umum, yakni penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Contoh penyakit zoonosis diantaranya, antrax, rabies, dan sars. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment