Kepala BKN: Penetapan Pejabat Harus Sesuai Penilaian Objektif, Bukan Like and Dislike

Reporter : | 07 Agu, 2017 - 11:07 pm WITA

Kepala BKN

Pembukaan penilaian potensi pejabat tinggi dan kompetensi pejabat administrator se-wilayah kerja Regional XI BKN, yang dibuka langsung Kepala BKN Bima Wibisana, dan dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI, menggelar penilaian potensi pejabat tinggi dan kompetensi pejabat administrator se-wilayah kerja Regional XI BKN.

Pembukaan kegiatan yang digelar di Aula E.A. Manihuruk Kantor Regional BKN Sulut, Senin (7/8/2017), dilakukan langsung Kepala BKN, Bima Wibisana, dan dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen.

Wibisana ketika memberikan sambutan, menyatakan, penetapan seorang pejabat dalam struktur pemerintahan, tidak boleh memilihnya karena suka atau tidak suka kepada pejabat tersebut.

“Tidak boleh menetapkan seorang pejabat hanya karena like and dislike saja. Harus sesuai mutu, kecocokan profesi serta penilaian-penilaian objektif lainnya,” ujarnya.

Dikatakan Wibisana, imbas dari Kepala Daerah yang hanya memilih pejabat karena like and dislike, maka implementasinya akan terlihat pada proses pelayanan publik yang tidak optimal.

“Tugas utama seorang pemimpin daerah, baik itu Gubernur, Bupati/Walikota tentu pada optimalisasi pelayanan publik yang muaranya pada kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya. Caranya seperti apa? Tentu melalui program-program dan kebijakan yang dijalankan para Kepala Dinas/Badan dan Biro, nah kalau Kepala Dinasnya tidak memiliki basic di tempat tersebut, dan keahliannya tidak terlalu baik, tentu keinginan mensejahterakan rakyat tidak akan terwujud,” terangnya.

Wibisana menambahkan, pelaksanaan talent pool ini sangat penting untuk menentukan seorang pejabat sesuai kemampuan serta kriteria objektifnya di suatu dinas.

“Makanya, BKN ingin membantu para Kepala Daerah melalui pelaksanaan talent pool ini untuk mengetahui pejabat sesuai kemampuan dan bidang yang dikuasainnya, jadi bisa diketahui kemampuan teknis pejabat tersebut lebih tepatnya  itu cocok untuk dinas mana. Hal ini bisa diketahui melalui data assesment center,” jelasnya.

Sementara Kepala BKN Kantor Regional XI Manado, English Nainggolan, mengatakan, pelaksanaan Talent Pool ini merupakan program BKN dalam mencari pejabat sesuai kemampuan.

“Ini akan mempermudah, terutama menjadi bahan untuk mutasi atau rotasi pejabat,” tuturnya.

Nainggolan juga menambahkan bahwa program ini untuk sementara masih untuk Jabatan Pimpinan Tinggi dan Administrator.

“Untuk sementara untuk jabatan pimpinan tinggi dan administrator dulu,  kedepannya semua ASN akan mengarah ke sana (talent pool),” tambahnya.

Turut hadir pada pembukaan talent pool ini, Sekretaris BKD Sulut Flora Krisen, Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro Adry Manengkey, dan sejumlah pejabat eselon III Pemprov, serta Pemkab dan Pemkot di Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment