Surplus 38 Ribu Kuntum, Stok Bunga di TIFF 2017 Melimpah

Reporter : | 04 Agu, 2017 - 10:19 pm WITA

Stok Bunga di TIFF 2017 surplus 38 ribu kuntum

Stok Bunga di TIFF 2017 surplus 38 ribu kuntum

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kekhawatiran sejumlah pihak tentang  ketersediaan bunga untuk Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 dengan agenda utamanya Tournament of Flower (ToF) yakni parade kendaraan hias dijawab Pemerintah Kota Tomohon melalui Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir Vonny Pontoh MBA.

Pada Dialog Pemerintah Kota Tomohon dengan media massa dan lembaga lainnya Jumat (4/8/2017) bertempat di Show Window Kelurahan Kakaskasen Satu Tomohon Utara, Pontoh menjelaskan bahwa untuk TIFF tahun 2027 ini, ketersediaan bunga sangat melimpah yakni surplus 38 ribu kuntum untuk Bunga Krisan yang banyak digunakan dalam float kendaraan hias.

Dialog Pemerintah Kota Tomohon, media massa dan lembaga lainnya tentang TIFF 2017

Dialog Pemerintah Kota Tomohon, media massa dan lembaga lainnya tentang TIFF 2017

‘’Ya, sesuai data terakhir 3 Agustus, Bunga Krisan ada 190 ribu kuntum. Sementara kebutuhan untuk float yang berjumlah 31 hanya sekitar 152 ribu kuntum,’’ jelas Pontoh.

Dari 31 float, ada satu float super besar, 12 float besar dan 18 float kecil. Sementara kebutuhan bunga per float, untuk float super besar 10 ribu kuntum, besar 6 ribu kuntum dan float kecil 4 ribu kuntum.

‘’Dengan demikian, tak usah khawatir untuk ketersediaan bunga dan tak ada yang namanya membeli bunga dari daerah lain,’’ tukas Pontoh.

Bagaimana dengan surplus bunga tersebut? Menurut Pontoh, kelebihan tersebut akan digunakan pada kegiatan lainnya seperti pameran dan kegiatan lainnya.

Ditambahkan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, ada satu peserta yakni Kabupaten Manokwari Selatan yang akan membawa bunga dari daerah mereka sendiri tapi hanya berkisar 10 persen.

Foto bersama peserta dialog

Foto bersama peserta dialog

‘’Itu permintaan mereka untuk memperkenalkan Bunga Anggrek yang merupakan bunga khas daerah mereka sendiri. Itu pun tidak banyak,’’ jelas Eman.

Sementara Ketua Panitia TIFF 2017 Syerly Adelyn Sompotan yang juga Wakil Wali Kota Tomohon mengatakan bahwa ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan, dimulai dari pengucapan syukur pada 6 Agustus, Pemecahan Rekor MURI nasi jahe terbanyak, Pemilihan Ratu Bunga, ToF, pameran dan kegiatan lainnya.

Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Kota Tomohon untuk menyukseskan kegiatan yang telah menjadi agenda tetap Kementerian Pariwisata RI tersebut.

Hadir pada dialog, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, Ketua FKUB Pdt Joy Palilingan MTh, Anggota DPRD Tomohon Frets Keles ST, Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh serta para pejabat di lingkup Pemkot Tomohon. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment