Angka Rakyat Miskin di Sulut Turun

Reporter : | 02 Agu, 2017 - 11:00 pm WITA

Gubernur Sulawesi Utara

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. (foto: ist)

SULUT, (manadotoday.co.id) – Berbagai program dan terobosan yang dilakukan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD-SK untuk kemajuan Sulawesi Utara (Sulut) khususnya dalam pengentasan kemiskinan, menunjukkan bukti kesuksesan.

Salah satu buktinya, yakni angka rakyat miskin di Daerah Bumi Nyiur Melambai mengalami penurunan. Pada Maret 2017, berjumlah 198.880 jiwa atau turun sebesar 1.470 jiwa jika dibandingkan September 2016.

“Penurunan itu terjadi kemungkinan disebabkan adanya kenaikan pendapatan rumah tangga miskin yang lebih tinggi dari garis kemiskinan,” ujar Kepala Biro SDA dan Perekonomian Setdaprov Sulut, Frangky Manumpil.

Dikatakan Manumpil, angka kemiskinan menurun sekaligus menjadikan Sulut sebagai provinsi paling rendah jumlah pendudukan miskina di Pulau Sulawesi.

“Penurunan itu juga dibandingkan penurunan penduduk miskin secara nasional yang tercatat turun -0,06 persen dari 10,70 persen menjadi 10,64 persen,” bebernya.

Manumpil menjelaskan, pendudukan miskin di Sulut mengalami penurunan dikarenakan terobosan yang dibuat OD-SK. Gebrakan yang luar biasa di bidang pariwisata menghasilkan multiplier effect seperti menghadirkan penerbangan langsung dari Cina terkait sektor transportasi dan perhubungan. Dampaknya sangat besar, yang mana bergerak pada industri jasa, perhotelan, rumah makan.

Manumpil menambahkan, kesenjangan juga terlihat selain penurunan angka kemiskinan 1,21 persen, terlihat pula peningkatan presentasi warga kelas menengah 0,02 persen dan kelas atas 1,19 persen.

“Semuanya selang waktu September 2016 dan Maret 2017,” pungkasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment