Wagub Sulut Hadiri Rakernas Kementerian LHK

Wagub Sulut, Steven Kandouw
Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, bersama Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan tamu undangan lainnya pada kegiatan Rakernas Kementerian LHK.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, menghadiri Rapat Kerja Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Tahun 2017, yang digelar di Gedung Manggala Wanabakti Senayan Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2017 dan Landmark Hutan Indonesia ini, dibuka Presiden RI Jokowi Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan seluruh jajaran di Kementerian LHK ‎diharapkan menghentikan orientasi proyek dalam program kerja, dan ‎jangan lagi ada program-program atau rencana-rencana yang orientasinya proyek.

Selain itu, Jokowi meminta pula dilakukan terobosan pengelolaan hutan dan lingkungan berjalan bersama-sama, agar ekonominya dapat berjalan bersama. Termasuk juga menjaga hutan-hutan primer Indonesia.

“‎Jangan sampai hutan itu tidak memberikan apa-apa terhadap rakyat,” ujarnya.

Jokowi menyatakan, mayoritas warga miskin justru berasal dari kawasan-kawasan hutan di Indonesia. Sebab itu, Kementerian LHK melakukan evaluasi besar-besaran agar hutan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Diketahui, rakernas Kementerian LHK akan berlangsung sampai 4 agustus 2017. Rakernas ini pula dimaksud untuk konsolidasi seluruh agenda nasional terkait lingkungan, kehutanan dan perubahan iklim.

Kegiatan yang mengangkat tema “Untuk  Hutan Lingkungan dan Perubahan Iklim Berkeadilan” dihadiri Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, serta sejumlah Menteri Kabinet Kerja.

Sesuai jadwal, akan menjai pembicara dalam Rakernas ini, Ketua Komisi IV DPR RI, Ketua Komisi VII DPR RI, Menkopolhukam, Menko Bidang Pereknomian, Menko Bidang Pembangunan, Menko Bidang Kemaritiman , Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Perencanaan Pembangunan Kepala Bappenas, Menterj Keuangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia, Menteri Dalam Negeri, Kapolri, dan Panglima TNI. (ton)