Pemkot Tomohon Gelar Fasilitasi dan Koordinasi Pemantapan UKS

TOMOHON,  (manadotoday.co. id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Rabu (26/7/2017)  menggelar Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  bertempat di Eks Gedung Badan Keuangan Daerah.

Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh membawakan sambutan
Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh membawakan sambutan

 

Kegiatan dibuka Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh dihadiri unsur kecamatan,  kepala Puskesmas,  kepala-kepala sekolah TK,  SD,  SMP dan SMA serta perangkat daerah terkait.

Dalam arahannya,  Lolowang mengatakan bahwa  UKS merupakan wadah untuk berbagai program seperti  gizi, pencegahan penanggulangan napza, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan, pengobatan sederhana dan lain sebagainya.

”Wadah ini menjadi penting dan strategis karena pelaksanaan program melalui UKS sangat efektif dan efisien dalam lingkungan sekolah,” kata Lolowang.

Lebih lanjut dikatakannya berbagai terobosan harus dilakukan untuk menggali dan memanfaatkan sumber daya secara optimal yang difokuskan pada pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah yang efektif karena hampir bisa dipastikan bahwa semua upaya kesehatan, akan lebih cepat berhasil kalau dikembangkan di sekolah dan madrasah, sebab selain diadopsi oleh peserta didik sendiri, juga akan disebarluaskan di lingkungan masyarakat khususnya di lingkungan keluarga peserta didik dan masyarakat sekitar.

Peserta Raoat Fasilitasi UKS
Peserta Raoat Fasilitasi UKS

“Melalui kegiatan ini diharapkan adanya komitmen dari kita semua untuk turut berperan aktif dalam upaya mempercepat pencapaian tujuan UKS agar dapat terlaksana secara terpadu dan terkoordinasi, ”harap Lolowang.

Kabag Kesra Setdakot Tomohon Drs Laurensius Kawuwung menjelaskan,  maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pengembangan UKS secara terpadu dan terkoordinasi melalui kebijakan peningkatan peran tim pembina UKS, serta adanya penguatan komitmen dan kewajiban pemerintah dalam pengelolaan UKS.

Selaku narasumber dalam kegiatan tersebut Kasubag Pendidikan Biro Kesra Provinsi Sulut Telly Kapoh. (ark)