JWS Terima Kunjungan IDEA Consultant Inc dan Manufakture NODAK Jepang

Reporter : | 24 Jul, 2017 - 8:14 pm WITA

 IDEA Consultant Inc, NODAK Jepang, danau tondanoTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, menerima kunjungan IDEA (Infrasteucture, Disaster, Environment, Amenity) Consultant Inc Jepang dan Manufakture NODAK asal Jepang, didampingi Dosen Fakultas Perikanan Unsrat Manado Dr Andreas Roeroe, di ruang kerjanya, Senin (24/07/2017).

Kedatangan IDEA Consultant Inc Jepang merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU), yang pernah ditandatangani antara CEO IDEA Consultant Inc Jepang DR Hideo Tabata, dengan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi , untuk atasi permasalahan di Danau Tondano.

Rombongan yang berjumlah enam orang, diantaranya Manager Grup untuk Deprtemen dari Proyek-proyek di Luar Negeri IDEA (Infrasteucture, Disaster, Environment, Amenity) Consultant Inc Hiroshi Yako PhD, didampingi Wakil Direktur Institute Informasi Lingkungan IDEA Consultant Inc Katsuya Shimada.

“Tujuan IDEA Consultant Inc untuk mengetahui kondisi terakhir Danau Tondano, selanjutnya membuat proposal mengenai isu pendangkalan danau, kualitas air danau dengan banyaknya pupuk yang digunakan dan penyempitan luas danau. Nantinya Proposal ini diajukan di beberapa tempat seperti Kementrian Lingkungan Hidup Jepang, Kementrian Pariwisata Jepang, Protokol Kyoto yang menangani Emisi CO2 yang mendukung negara-negara yang berupaya mengurangi emisi Co2, dan kemudian melihat apa bantuan yang kira-kira akan dilakukan pemerintah Jepang,” ujar Manager Grup Untuk Deprtemen dari Proyek-proyek di Luar Negeri IDEA Consultant Inc Hiroshi Yako PhD.

Selain IDEA Consultant Inc Jepang, juga datang berkunjung suplayer penyedia barang yakni Manufaktur NODAK. Kehadiran NODAK di Minahasa yang diwakili Executive Vice President NODAK Norihiko Kaneiwa, didampingi rekannya Koordinator Mekanik Mesin NODAK Shigehisa Uemura dan juga didampingi Penasehat AMA Corporation, yang merupakan perusahaan perwakilan NODAK di Indonesia, Toru Mizushima.

Kunjungan NODAK yang juga disambut JWS, merupakan tindak lanjut kerja sama antara NODAK dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, terkait bantuan untuk mengangkut Eceng Gondok di Danau Tondano.

“NODAK sudah melakukan presentasi dihadapan Bupati, terkait bagaimana cara kerja alat ini, bila berada di Danau Tondano nanti. Nama Kapal pengangkut Eceng Gondok nya yakni WH-3000,” ujar Norihiko Kaneiwa.

Sementara Bupati JWS, menyambut baik dan berterima kasih baik IDEA Consultant Inc Jepang maupun NODAK Jepang, telah sama-sama memberi perhatian untuk Danau Tondano, yang didalamnya juga ada peran aktif Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE.

“Pertemuan ini jelas sangat strategis dan sangat baik untuk masa depan Danau Tondano ,” ujar Bupati yang turut didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa DR Wilford Siagian SH.

Usai melakukan pertemuan dengan Bupati JWS, baik Tim IDEA Consultant Inc maupun NODAK, meninjau secara langsung Danau Tondano dengan turun ke Danau menggunakan Speed Boat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minahasa.(rom)

Baca Juga :

Leave a comment