Mengerikan, Sering Minum Alkohol Saat Usia Remaja Bisa Merusak Otak

Reporter : | 20 Jul, 2017 - 4:14 pm WITA

alkohol , bahaya minuman alkohol , efek miras

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Minum alkohol berlebihan selama masa remaja bisa menipiskan daerah otak yang sedang berkembang, penelitian baru mengungkapkan.

Remaja yang mabuk atau peminum berat telah mengurangi jaringan otak di daerah yang terkait dengan alasan, logika, pemecahan masalah, perencanaan dan ingatan, penelitian menemukan.

Peneliti percaya bahwa minum alkohol dalam jumlah banyak saat otak masih dalam tahap perkembangan dapat merusak sistem saraf dan meningkatkan risiko kecanduan alkohol.

“Masa remaja adalah masa ketika otak masih bertumbuh, tidak hanya perkembangan biologis tapi juga pematangan perilaku psikososial. Perubahan otak ini, akibat penggunaan alkohol berat selama masa remaja dan dewasa muda, dapat menyebabkan peningkatan risiko pengembangan gangguan penggunaan alkohol di kemudian hari.”kata penulis penelitian Profesor Anita Cservenka dari Oregon State University.

Para peneliti menganalisis penelitian yang meneliti efek mabuk dan peminum berat pada remaja dan dewasa muda di struktur otak mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peminum memiliki jaringan otak yang lebih tipis di daerah yang terkait dengan akal, logika, pemecahan masalah, perencanaan dan ingatan. Aktivitas otak di daerah yang mengendalikan pembelajaran dan respon refleks juga berkurang.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology.

Mereka percaya minum alkohol dalam jumlah banyak sementara otak masih berkembang bisa merusak sistem saraf. Kerusakan ini bisa bertahan seumur hidup dan meningkatkan risiko kecanduan alkohol, mereka menambahkan.

“Oleh karena itu penting untuk terus meningkatkan kesadaran akan risiko alkohol.” tambah Profesor Cservenka.

Sumber: dailymail.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment