Olly Tegaskan Pentingnya Peran Litbang dalam Pembangunan Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Olly Dondokambey menyatakan, kemajuan pembangunan di Sulawesi Utara (Sulut) di berbagai bidang, dapat dicapai jika melibatkan penelitian dan pengembangan (litbang). Hal itu disampaikan Olly  melalui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Jemmy J.R. Lampus, pada rapat Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Daerah yang dilaksanakan di Hotel Sahid Kawanua Manado, Selasa (18/7/2017).

Menurut Olly, untuk menjadi maju kita dituntut dan diharuskan agar meningkatkan program research and development, karena dari sinilah kemajuan itu berawal. Kemajuan itulah yang nantinya meningkatkan daya saing dengan negara lain.

“Penelitian, pengembangan,dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempercepat pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional,” ujar Lampus mengutip sambutan Olly.

Olly pun meminta instansi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah mampu menjalankan tugas-tugas kelitbangan utama, diantaranya penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian dan evaluasi kebijakan.

Masih dalam sambutannya, Olly optimis peranan kelitbangan dalam penvapaian program prioritas daerah bakal semakin optimal jika semua prosedur dijalankan sebagaimana mestinya.

“Saya menyakini bahwa dengan melakukan upaya dan langkah-langkah tersebut Peranan dan Kedudukan Kelitbangan, akan menjadi solusi bagi setiap tantangan dan permasalahan yang kita hadapi dalam merealisasikan program prioritas daerah. Badan Litbang harus menjadi motor dalam memberikan jalan keluar bagi setiap kebuntuan pembangunan daerah,” paparnya.

Adapun pertemuan tersebut turut dihadiri perwakilan dari instansi terkait. (ton)