Bahkan Orang Terpintar Belum Bisa Menjawab Lima Pertanyaan Ini

Reporter : | 18 Jul, 2017 - 3:28 pm WITA

Pertanyaan sain, Pertanyaan sain tersulit, reddit

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Para pengguna situs reddit telah menyusun pertanyaan sains yang masih belum dijawab (dengan pasti) sampai sekarang.

Perlu diingat bahwa sains tidak bisa dianggap sebagai jawaban pasti atas segala masalah, apapun itu. Menyatakan ‘satu kebenaran’ adalah ciri khas keyakinan, bukan penalaran berdasarkan bukti.

Setiap penelitian ilmiah, atau penalaran, hanyalah jawaban berdasarkan apa yang diketahui sejauh ini.

Namun demikian, pengguna reddit memiliki beberapa pertanyaan yang mereka ingin sedikit lebih jelas:

1. Apakah kita sendirian di alam semesta?

Mengingat ukuran alam semesta yang luas, dan jumlah benda langit yang tak terbatas yang terbang di sekitar kita dan jumlah sistem tata surya yang tak terbatas, kita (mungkin) tidak sendiri.

Namun, sejauh ini kita belum menemukan ‘mereka’.

Ada kemungkinan bahwa Bumi adalah kehidupan pertama di alam semesta, setelah semua itu dimulai di suatu tempat. Atau mungkin kita bisa menjadi yang terakhir.

2. Bagaimana plasebo bekerja?

Tahu apa itu plasebo? Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau bisa dikatakan obat palsu yang sebenarnya tidak memiliki efek apaapun.

Bagaimana bisa mengkonsumsi obat yang tidak memiliki efek bisa membuat anda jadi lebih baik.

Apakah itu bukti bahwa penyakit anda idap hanya berhubungan dengan psikosomatik atau stres?

Bahkan rasa sakit fisik pun bisa hilang dari sesuatu yang kemudian ternyata bukan obat penghilang rasa sakit.

3. Mengapa manusia bermimpi?

Pada tahun 1953, dua ilmuwan mengamati korelasi antara tidur ‘rapid eye movement’ (REM) dan memiliki vivid dream atau mimpi yang terasa nyata dan tak terlupakan.

Pada tahun-tahun berikutnya, aktivitas otak tidur REM ternyata serupa dengan aktivitas otak yang sedang bangun, menunjukkan bahwa tidur REM sebenarnya tidak tidur sama sekali.

Sebuah studi tahun 1960 menemukan bahwa mengganggu tidur REM membuat subjek merasa tegang dan mudah tersinggung, menunjukkan bahwa kita mungkin memerlukan mimpi untuk membantu kita lebih rileks dan memproses kekhawatiran kita.

Jawaban pasti tentang hal ini tetap sulit dipahami.

4. Apa yang ada di balik lubang hitam?

Masalah khusus ini dibahas dalam buku Andre Deutsch, The Biggest Questions in Science.

Menulis di situs The Guardian, Deutsch mengatakan bahwa dia memiliki masalah dengan teori tentang lubang hitam, dan sebagian besar fisika, adalah keterputusan antara teori Einstein tentang fisika kuantum dan relatif.

Menurut Einstein, lubang hitam akhirnya akan runtuh dengan sendirinya, menciptakan singularitas. Fisika kuantum tidak memungkinkan hal ini, atau lubang hitam.

Berbicara di podcast Ilmu Pengetahuan untuk Space.com, fisikawan teoritis di Universitas Princeton Edward Witten menjelaskan: “Apa yang Anda dapatkan dari relativitas umum klasik, dan juga apa yang semua orang pahami tentang lubang hitam, adalah bahwa ia dapat menyerap apapun yang mendekatinya, tapi tidak dapat memancarkan apapun. Tapi mekanika kuantum tidak membiarkan objek seperti itu ada.”

Belum ada yang sesuai dengan cabang sains ini, berarti, kita tidak memiliki alat untuk menemukan jawaban tentang lubang hitam.

5. Bagaimana cara kerja gravitasi?

Kita tahu bahwa semakin besar massa, semakin banyak benda yang bisa ditarik ke orbitnya. Mengapa?, tidak ada jawaban yang pasti.

Tidak jelas apa yang menahan atom sedangkan kekuatan itu tampak berbeda dengan gravitasi. Apa itu gravitasi – apakah itu partikel?

Masalah gravitasi dalam fisika, memiliki berperan dalam masalah lubang hitam.

Sumber: indy100

Baca Juga :

Leave a comment