Gubernur Sulut Ajak Masyarakat Perkuat Silaturahmi

halal bihalal
Gubernur Olly Dondokambey bersama Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Bupati Minut Vonny Panambunan, Bupati Bolaang Mongondow Selatan Herson Mayulu, serta sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya, di acara Halal Bihalal 1438 H Jamaah Masjid Nurul Huda, di Lapangan Kompleks Perkuburan Desa Kauditan II, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (17/7/2017).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, mengajak masyarakat di daerah ini untuk memperkuat silaturahmi yang merupakan hubungan persaudaraan yang kuat.

“Silaturahmi sesama kita baik sesama agama ataupun dengan agama lain harus terus diperkuat. Dimana ada kedamaian disitu ada kemakmuran,” ujarnya, ketika memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal 1438 H Jamaah Masjid Nurul Huda, di Lapangan Kompleks Perkuburan Desa Kauditan II, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (17/7/2017).

Dikatakan Olly, setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa, umat muslim merayakan Idul Fitri. Ada satu tradisi setelah Idul Fitri yang hanya dilakukan di Indonesia, yaitu Halal Bihalal. Hal itu dikatakan

“Halal bihalal adalah silaturahmi. Ini cuma ada di Indonesia. Ini betul-betul menyatakan bahwa negara kita sangat diberkati,” ungkapnya, sembari mengingatkan seluruh masyarakat selalu menjaga persatuan untuk mewujudkan keberhasilan dalam pembangunan.

Disampaikan Olly lagi, kedamaian dan kemakmuran yang dirasakan saat ini masyarakat tentunya tidak terlepas dari usaha para tokoh yang ikut serta berjuang mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Dengan kedamaian seluruh cita-cita pendiri negara kita pasti terwujud. Indonesia berdiri oleh karena perjuangan para pendiri bangsa ini yang melibatkan semua unsur masyarakat. Bahkan dalam perumusan Kemerdekaan Indonesia ada juga tokoh agama termasuk para kyai,” imbuhnya.

Olly kembali mengingatkan masyarakat sebagai makhluk ciptaan Tuhan untuk selalu menghargai sesamanya.

“Tidak mungkin ada Indonesia jika tidak ada kesepakatan. Tugas kita merangkai terus kemerdekaan. Jangan mengkotak-kotakan. Torang samua ciptaan Tuhan,” pungkasnya.

Usai menyampaikan sambutan, Olly memberikan bantuan pembangunan Masjid Nurul Huda Kauditan senilai Rp. 20 Juta yang diterima langsung panitia pembangunan.

Hadir pada acara yang mengangkat tema ‘Membangun persaudaraan dan persatuan guna mewujudkan watak insaniyah menuju moralitas publik yang berkeadaban’, Sekdaprov Edwin Silangen, Bupati Minut Vonny Panambunan, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Herson Mayulu, Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan KB dr. Bahagia Mokoagow, Kepala Biro Umum Clay June Dondokambey, dan masyarakat muslim Minut. (ton)