Waduh, Pria Berbadan Tinggi Sangat Beresiko Diserang Kanker Prostat

Reporter : | 17 Jul, 2017 - 10:09 pm WITA

 Kanker Prostat, penyebab  Kanker Prostat, badan Tinggi

(foto: standard.co.uk/rex)

MANADOTODAY.CO.ID – Pria yang punya tinggi badan diatas rata-rata memiliki risiko lebih tinggi juga untuk mengembangkan bentuk kanker prostat yang agresif dan memiliki 17 persen risiko kematian, menurut penelitian baru.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Oxford menemukan bahwa setiap tambahan tinggi 10 cm meningkatkan risiko mengembangkan bentuk penyakit yang lebih agresif sebesar 21 persen dan meningkatkan kemungkinan kematian akibat penyakit tersebut sebesar 17 persen.

Para ilmuwan mengatakan bahwa hal tersebut dapat dikaitkan dengan fakta bahwa tingkat hormon tertentu ditemukan lebih tinggi pada pria bertubuh jangkung.

Bukti menunjukkan pria dengan hormon yang disebut faktor pertumbuhan insulin 1, yang sebelumnya dikaitkan dengan kanker prostat, berperan dalam pertumbuhan prostat, dan para ilmuwan sekarang melihat apakah hormon khusus ini terkait dengan pengembangan tumor agresif.

“Biasanya, orang jangkung memiliki kadar hormon ini dengan jumlah tinggi. Ini mungkin hubungannya, tapi kami belum tahu pasti dan perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Bisa juga bahwa pria tinggi memiliki lebih banyak sel pada umumnya, dan volume prostat lebih besar, dan ini terkait dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi.” kata Aurora Perez-Cornago, salah satu peneliti.

Studi tersebut juga menemukan bahwa obesitas meningkatkan risiko kematian akibat kanker prostat hingga 18 persen.

“Meskipun kita mungkin tidak dapat mengubah tinggi badan kita, pria dapat mengambil tindakan untuk membantu mengurangi risiko kanker prostat stadium lanjut dengan memiliki berat badan yang sehat.” ungkap Susannah Brown, ilmuwan senior di World Cancer Research Fund.

Sumber: standard.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment