Sukses, Pembekalan Pencegahan Konflik Sosial, Pekat dan Politik Gereja Rayon Tomohon

Reporter : | 16 Jul, 2017 - 10:47 pm WITA

Pembekalan tentang Pencegahan Konflik Sosial dan Penyakit Masyarakat (Pekat) serta Pendidikan Politik Gereja Rayon Tomohon yang dilaksanakan di GMIM Baitani Matani Wilayah Tomohon Satu Jumat (14/7/2017)

Pembekalan tentang Pencegahan Konflik Sosial dan Penyakit Masyarakat (Pekat) serta Pendidikan Politik Gereja Rayon Tomohon yang dilaksanakan di GMIM Baitani Matani Wilayah Tomohon Satu Jumat (14/7/2017)

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pembekalan tentang Pencegahan Konflik Sosial dan Penyakit Masyarakat (Pekat) serta Pendidikan Politik Gereja Rayon Tomohon yang dilaksanakan di GMIM Baitani Matani Wilayah Tomohon Satu Jumat (14/7/2017) sukses.

Peserta yang terdiri dari unsur BPMW, BPMJ, Kompelka BIPRA dan Panji Yosua P/KB GMIM dibekali oleh nara sumber yakni Wakil Sekretaris BPMS GMIM Bidang Hukum, HAM dan Sertifikasi Aset Pnt Jhonly Tein Wendur SH MH MM, Pnt AKBP Herry Kolondam dari Polda Sulut, dr Reine Wowiling MARS  dari BNN Provinsi Sulawesi Utara, Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Pnt Herwyn Malonda SH MPd yang juga Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM dengan moderator Pnt Kombes Pol John Rori, SStMK dan Pnt Drs Jackried Kanselir Maluenseng MSc.

Kegiatan dibuka Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Pnt Ir Stefanus BAN Liow, diawali Ibadah dipimpin Ketua BPMW Tomohon Satu Pdt Julien Sagay-Karwur STh.

Dalam sambutannya , Stefa—sapaan akrab Pnt Stefanus Liow yang juga Anggota DPD-RI dan MPR-RI memberikan apresiasi atas keikutsetaan peseta yang diutus jemaat.

‘’Kegiatan ini terbilang penting karena dapat meningkatkan wawasan, kesadaran dan pemahaman dalam upaya pencegahan konflik sosial dan penyakit sosial masyarakat serta pendidikan politik gereja sekaligus juga menjadi referensi bagi Ketua BPMW, BPMJ, Kompelka dan peserta lainnya untuk disampaikan kepada anggota jemaat,’’ tandas Stefa.

Dalam diskusi sejumlah  peserta memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan penting dan strategis ini. Hanya saja, di balik suksesnya kegiatan, para peserta menyayangkan minimnya kehadiran Ketua BPMJ dan kalangan pendeta.

Komisi P/KB Sinode GMIM bersama nara sumber

Komisi P/KB Sinode GMIM bersama nara sumber

Ketua Komisi P/KB GMIM Jemaat Baitani Matani Pnt Youdy YY Moningka SIP yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon selaku kordinator pelaksana mengungkapkan puji syukur dan terima kasih karena kegiatan sinodal boleh berjalan dengan segala baik. Sementara itu Korbid Hukum dan Politik Komisi P/KB Sinode GMIM Pnt Kombes Pol Drs John Rori mengatakan, untuk Rayon Manado dan Minut nanti dilaksanakan Jumat (21/7/2017) mulai Pukul 09.00 Wita bertempat di Kolongan Mapanget.

Usai penyuluhan/pembekalan dilanjutkan dengan acara rekreasi seperti memancing dan menangkap ikan di kolam milik Panglima Panji Yosua P/KB SG Brian Janny Waleleng SH dan Asisten Bendahara Komisi W/KI Sinode GMIM Pnt Maya Ticoalu SSos.

Kegiatan di Manado dan Minut sedianya dilaksanakan Sabtu (15/7/2017), namun karena ada kegiatan HUT ke-20 Kerukunan Keluarga Pendeta dan Guru Agma (KKPGA) do Kota Tomohon, pelaksanaannya ditunda. Untuk Rayon Minahasa Selatan di Jemaat Sion Picuan Lama Wilayah Motoling Timur. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment