Evaluasi Sekretaris Perangkat Daerah, Lolowang Gunakan Angket

Reporter : | 14 Jul, 2017 - 5:44 pm WITA

Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat memimpin rapat

Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat memimpin rapat

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya meningkatkan kinerja perangkat pemerintahan untuk lebih baik. Salah satunya dengan mengevaluasi para sekretaris di tiap perangat daerah dengan menggunakan angket kepada kepala perangkat daerah.

Hal tersebut terungkap dalam rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Sekretaris Kota (Sekkot) Ir Harold V Lolowang MSc MTh yang dihadiri para sekretaris dinas, sekretaris badan serta sekretaris kecamatan Jumat (14/7/2017).

‘’Sebagai motor, tentunya sekretaris harus memiliki kemampuan yang memadai karena segala sesuatu tak akan berjalan lancar jika sekretaris tidka berfungsi dengan baik,’’ kata Lolowang.

Lolowang juga menjelaskan

tentang fungsi utama sekretarus secara umum yaitu pertama, merumuskan kebijakan yang digariskan kepala dinas, kepala badan dan camat. Kedua, menyelenggarakan koordinasi administratif untuk para kepala bidang, kepala seksi dan kepala sub keuangan dalam rangka menunjang kebijakan kepala dinas, kepala badan dan camat dalam bidang teknis SKPD.

Ketiga, memberikan layanan administrasi kepada kepala dinas, kepala badan dan camat dalam bidang teknis perangkat daerah. Keempat, melaksanakan tugas tambahan umum tertentu yang diberikan oleh wali kota kepada sekretaris daerah dan diteruskan kepada kepala perangkat daerah. Yang terakhir, melaksanakan tugas tambahan khusus yang spesifik disandang perangkat daerah yang diberikan oleh wali kota kepada sekretaris daerah dan diteruskan kepada kepala perangkat daerah.

“Untuk mudah diingat, saya bantu buatkan cara cepat untuk menghafal semua yaitu dengan menggunakan jembatan keledai (Jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu yang digunakan dalam bidang pendidikan. Jembatan keledai sering berupa kata atau suku kata yang ditambahkan pada susunan kata yang ingin dihafal agar terbentuk kalimat dengan arti yang menarik atau masuk akal) yaitu RUKE (peRUmusan KEbijakan) – KORAD (KOoRdinasi ADministratif) – PELA (PELayanan Administrasi) – TTU (Tugas Tambahan Umum) – TTK (Tugas Tambahan Khusus). (ark)

Baca Juga :

Leave a comment