Lawan dan Cegah Rambut Rontok Dengan Lima Makanan Ini

Reporter : | 14 Jul, 2017 - 2:16 pm WITA

Rambut Rontok , cegah Rambut Rontok , obat Rambut Rontok ,

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Apakah rambut anda yang jatuh mulai mengkhawatirkan? Apakah anda takut menyisir rambut Anda? Jika iya maka anda tidak sendirian, karena berjuta-juta orang di dunia juga merasakan hal yang sama.

Begitu anda melewati ambang batas usia 15 tahun, rambut anda pasti akan mulai rontok, dan salah satu tugas anda adalah memastikan agar anda tidak kehilangan banyak rambut sehingga menjadi botak.

Tapi jangan resah, ada beberapa nutrisi ajaib yang bisa menguatkan rambut anda dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala untuk membantu mencegah kerontokan rambut. Berikut adalah 5 makanan yang bisa anda gunakan untuk melawan rambut rontok:

1. Bayam

Sayuran hijau dan berdaun ini bagus untuk rambut karena kaya zat besi dan juga Vitamin C, komponen penting yang memungkinkan zat besi diserap dengan baik oleh tubuh. Kekurangan zat besi bisa menjadi penyebab utama rambut rontok. Bayam juga memiliki magnesium, kalsium dan kalium yang menjaga rambut tetap berkilau dan kuat.

2. Kacang dan biji-bijian

Biji rami, kenari dan wijen kaya akan asam omega dan sangat baik untuk rambut karena mengandung elastin yang mencegah rambut pecah. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology pada tahun 2015, orang-orang yang diberi suplemen asam lemak omega 3 dan omega 6 menunjukkan penurunan rontok 90% dan persentase yang hampir sama pada orang yang mengembangkan rambut lebih tebal dengan pertumbuhan lebih cepat.

3. Lentil

Asam folat adalah suplemen penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat, ditemukan berlimpah pada tumbuhan lentil. Sel darah merah memberi nutrisi pada kulit dan kulit kepala kita dan menyediakan oksigen yang dibutuhkan untuk rambut sehat.

4. Telur

Sumber baik dari berbagai vitamin seperti biotin dan vitamin D, telur sangat bermanfaat dalam mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Telur juga kaya seng dan sebagian besar penelitian tentang rambut rontok menunjukkan bahwa salah satu penyebabnya adalah kekurangan seng. Karena rambut dan kuku anda terbuat dari protein yang sama, telur juga bagus untuk kuku.

5. Lemak ikan

Ikan sangat bagus untuk rambut karena berbagai alasan. Ikan seperti salmon, mackerel dan tuna, kaya akan asam lemak Omega 3 yang penting dalam melawan peradangan yang mungkin menyebabkan rambut rontok. Mereka juga merupakan sumber vitamin B6 dan protein yang baik, penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Sumber: ndtv.com

Baca Juga :

Leave a comment