Jumat Besok Technical Meeting Lomba Festival Bukit Kasih

Festival Bukit Kasih, Pesona Minahasa 2017, Bukit Kasih kanonang
Agustifo Tumundo SE M.Si

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Technical meeting lomba Tarian Maengket, Katrili, Musik Bambu dan Kolintang dalam rangka Festival Bukit Kasih untuk mensukseskan Pesona Minahasa 2017, akan digelar pada Jumat 14 Juli 2017 besok bertempat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, jalan Manguni no 15 Wewelen Tondano.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustifo Tumundo SE M.Si didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan SE M.Si menyampaikan hal tersebut pada Kamis (13/07/2017).

Dikatakan Tumundo bahwa technical meeting ini akan dijelaskan kepada para peserta lomba tentang ketentuan teknis dan kriteria lain yang akan digunakan dalam lomba nanti.

“Ajang Festival Bukit Kasih ini digelar pula dalam upaya melestarikan Seni dan Kebudayaan Daerah di tanah Minahasa, sekaligus bagian dari masyarakat Minahasa akan merayakan Hari Pengucapan Syukur pada Minggu 23 Juli 2017 mendatang,” ujar Tumundo.

Sementara Kabid Pariwisata Disbudpar Ir Diane Najoan selaku Ketua Panitia didampingi Sekretaris Panitia Joppy Herry Rarung SE mengatakan bahwa waktu pelaksanaan Lomba Maengket dan Musik Bambu pada Kamis (27/7/2017) dan Lomba Katrili dan Musik Bambu pada Jumat (28/7/2017) dimulai jam 09.00 Wita hingga selesai bertempat di kompleks Bukit Kasih, Kanonang, Kecamatan Kawangkoan Barat.

Dikatakan Najoan bahwa kategori peserta Lomba Maengket yaitu masyarakat umum utusan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa dan kategori peserta Lomba Tarian Katrili yaitu siswa SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Minahasa. Sedangkan kategori peserta Lomba Musik Bambu dan Musik Kolintang yaitu kelompok masyarakat umum atau Tumpukan Musik Bambu dan Musik Kolintang yang berdomisili di Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun jenis-jenis hadiah dari lomba-lomba ini, menurut Najoan meliputi Trophy Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Trophy Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Trophy Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Trophy Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Ny Seeve Korengkeng-Warouw SSos dan Trophy Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, dengan Uang Tunai meliputi Juara 1 sejumlah Rp 5.000.000, Juara 2 Rp 3.000.000, dan Juara 3 Rp 2.000.000,- untuk setiap kategori lomba.

“Kepada semua peserta yang berminat mengikuti lomba-lomba ini, diundang dalam Technical Meeting pada hari Jumat, 14 Juli 2017 jam 09.00 Wita besok di Kantor Disbudpar ,” tutup Najoan. (Rom)