SAS: Pembakuan Nama Rupa Bumi Jadi Sumber Informasi dan Komunikasi

Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS)  saat membuka kegiatan
Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) saat membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) mengungkapkan, pembakuan nama rupa bumi merupakan program nasional dan menjadi sumber informasi dan komunikasi komunikasi dalam pengambilan keputusan serta membantu kerja sama di antara organisasi lokal, Nasional dan Internasional.

Hal tersebut dikatakan  wakil wali kota saat membuka Rapat Koordinasi Pembakuan Nama Rupa Bumi UnsurBbuatan dan Alami yang diprakarsai Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Selasa (11/7/2017).

“Pembakuan nama juga sebagai upaya melakukan tertib administrasi wilayah pemerintahan, kenyamanan dan ketertiban sosial, membangun karakter bangsa, melestarikan warisan budaya dan membangun jati diri bangsa. Kebijakan ini juga sangat perlu  dilakukan mengingat aset yang dimiliki Indonesia ini sangat luar biasa banyaknya, sehingga perlu diinventarisasi dengan cermat,’’ ujar SAS.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Provinsi Sulut Drs James Kewas MSi menjelaskan bahwa dalam penentuan titik koordinat di lapangan terkait dengan penamaan daerah, jalan, gedung dan sebagainya dipandang perlu untuk dilakukan pendataan penamaan rupa bumi unsur buatan dan alami sebagai bagian dari pelaksanaan tertib administrasi di daerah masing-masing.

Wakil Wali Kota Tomohon dan para peserta kegiatan
Wakil Wali Kota Tomohon dan para peserta kegiatan

“Tujuan kegiatan ini adalah memperkuat koordinasi, pembinaan dan pembakuan nama rupabumi unsur buatan dan alami di Provinsi Sulut, serta tersedianya data yang akurat, akuntabel dan terkini sehingga tercipta tertib administrasi,’’jelas Kewas.

Hadir pada kesempatan itu para Asisten yang membidangi pemerintahan bersama para Kabag Pemerintahan, para Kasubag yang membidangi Toponimi Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Utara. (ark)