Cara Sederhana Turunkan Kolesterol Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat-obatan

Reporter : | 11 Jul, 2017 - 6:29 pm WITA

Kolesterol ,turunkan Kolesterol

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Sederhananya, kolesterol adalah zat yang ditemukan di sel manusia yang membantu tubuh mencerna makanan dan memproduksi beberapa hormon. Tubuh kita secara otomatis menciptakan kolesterol yang dibutuhkannya dan kolesterol tambahan yang berasal dari luar biasanya bisa merusak tubuh.

Zat ini bergerak melalui aliran darah dalam gumpalan yang terbuat dari lemak dan protein, dan jika terlalu banyak penumpukan kolesterol di tubuh akan menyebabkan penyakit jantung koroner yang berbahaya. Tapi, dengan perubahan gaya hidup sederhana bisa menurunkan kolesterol, bahkan tanpa perlu menggunakan obat.

Berikut adalah 5 perubahan yang harus anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh:

1. Keluarkan semua jenis lemak dari menu makanan harian anda:

Ini termasuk lemak jenuh, lemak trans dan diet kolesterol. Sementara asam lemak omega 3 bagus untuk kesehatan jantung, kebanyakan jenis lainnya bisa mendatangkan malapetaka pada jantung karena kolesterol tinggi. Jadi biasakan memeriksa label makanan sebelum membeli.

2. Lakukan latihan aerobik dan turunkan berat badan:

Cobalah berenang, berlari, naik sepeda atau olahraga lainnya. Temukan jenis olahraga yang anda sukai. Berolahraga sangat penting untuk mengurangi kolesterol dan ini akan membantu anda menyingkirkan kelebihan berat badan dan lemak dalam tubuh. Bahkan hanya menghilangkan 5-10% dari berat badan dengan naik tangga bukan lift akan secara drastis akan mengurangi tingkat kolesterol.

3. Makan makanan berserat tinggi:

Serat larut khususnya sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Jadi sertakan makanan seperti oatmeal, kacang polong, terong, jelai, apel, jeruk dan pir dalam makanan anda.

4. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit dan berhenti merokok:

Berhenti merokok sebenarnya memiliki efek menakjubkan. Menurut penelitian, dalam 20 menit setelah berhenti merokok, detak jantung dan tekanan darah akan menurun dan risiko terkena penyakit jantung akan turun setengahnya dalam setahun. Demikian pula minum alkohol berlebihan dikaitkan dengan penyakit jantung dan asupan yang terbatas akan membantu anda secara drastis.

5. Beralih ke diet kaya protein:

Protein, terutama protein whey yang ditemukan dalam produk susu efektif dalam mengurangi kolesterol dan gula darah. Sertakan kacang polong, kacang-kacangan, dan kacang lentil dalam makanan sehari-hari anda untuk menyingkirkan kelebihan kolesterol.

Sumber: NDTV.com

Baca Juga :

Leave a comment