Olly: Keluarga Adalah Pilar Pembangunan Bangsa

Reporter : | 10 Jul, 2017 - 9:09 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat sekaligus wahana pertama dan utama bagi penyemaian karakter anak bangsa. Dengan kata lain, keluarga adalah pilar pembangunan bangsa, serta merupakan lingkungan pertama dan utama yang mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan asah, asih dan asuh. Hal ini dikatakan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, pada  Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tjngkat Provinsi Tahun 2017 di lapangan Tikala Manado Senin (10/07/2017).

Karena itulah Olly menyatakan, keluarga menjadi wadah yang paling sempurna untuk menanamkan ketiga nilai dasar revolusi mental yaitu, integritas, etos kerja, dan gotong royong yang dibangun sejak dalam kandungan.

Menurut dia lagi, dengan momentum Peringatan Hari Keluarga Nasional ini saya berharap semua komponen, baik dari unsur pemerintah, para pengiat di LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh dunia usaha  untuk saling bahu membahu memperhatikan masalah kependudukan,semua pihak berpartisipasi dengan menggerakan untuk mengatur jumlah anak, demi kesehatan dan kesejahteraan keluarga serta mengangkat kembali nilai-nilai strategis keluarga yang diperlukan oleh bangsa dan negara untuk mampu  menciptakan kesejahtetaan rakyat untuk memenangkan persaingan di era globalisasi.

“Saya secara khusus dan atas nama pemerintah provinsi sulawesi utara mengucapkan selamat kepada pemenang lomba tingkat nasional yang pada bulan juni 2017 di kota Bekasi Jawa Barat, puji syukur kepada kepada Tuhan karena salah satu kelompok pusat informasi dan konseling remaja mendapatkan juara di tingkat nasional, disamping itu, ucapan selamat juga para penerima penghargaan keluarga harmonis, penghargaan inj diberikan kepada keluarga yang mampu mempertahankan perkawinanya,” terang Olly.

Ia menambahkan, patut disyukuri karena pada tahun 2018 Sulut akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Nasional. Ini berarti bahwa Pemerintah Pusat telah melihat kita mampu untuk menyelenggarakan kegiatan pada level nasional untuk itu saya berharap kepada jajaran baik dari tingkat provinsi dan kabupaten kota untuk mensukseskan iven ini, baik dari segi keamanan pariwisata, akomodasi dan produk-produk ungggulan sulut untuk dapat dimaksimalkan.

“Saya berharap HARGANAS XXIV ini dapat dijadikan daya ungkit dan sinergitas antara BKKBN, Tim Penggerak PKK, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota beserta mitra kerja dalam membangun bangsa Indonesia Sejahtera, Selamat Hari Keluarga  Dirgahayu Keluarga Sulawesi Utara. Mari jadikan keluarga di bumi Nyiur Melambai lebih berkualitas , keluarga kecil bahagia sejahtera untuk keluarga masa depan Indonesia ” Salam KB, Dua Anak Cukup, Bahagia Sejahtera ! Laki -Laki dan Permpuan jangan dibedakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BKKBN RI  Surya Chandra Surapari dalam sambutan mengatakan pada tanggal 29 juni kita peringati sebagai Hari Keluarga Nasional  dan tanpa terasa tahun 2017 ini merupakan HKN yang ke XXIV. Dengan keputusan Presiden Ni 39 Tahun 2014 , pads HARGANAS  XXIV Tahun 2016 yang lalu di Nusa Temggara Timur, Presiden berpesan agar para keluarga di Indonesia dapat menerapkan 4 pendekatan ketahanan keluarga yaitu, keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi untuk HARGANAS tahun 2017 tema sentralnya ” Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan”,  dengan pesan inti Keluarga Berketahanan dan Indonesia Sejahtera.

“Sekarang revolusi mental digaungkan kembali Presiden Jokowi sejak 2014 revolusi mental hatus dimulai dari kita sendiri, dari lingkungan keluarga, karena keluarga menjadi ajang paling sempurna untuk menanamkan ketiga  nilai dasar karakter manusia yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong,” ujarnya.

Ia menambahkan, penyuluh harus ikut Gerakan Nasional Revolusi Mental untuk menjadi manusia berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali dan berjiwa api yang menyala-nyala.

Turut Hadir Ketua TP -PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS,  Walikota Manado G.S Vicky Lumentut bersama Istri, Walikota Bitung Max Lomban bersama istri, Forkopimda Sulut, Kepala SKPD Provinsi, Kabupaten  dan Kota. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment