Untu Resmi Pimpin Umat Katolik Uskup Manado

Reporter : | 10 Jul, 2017 - 7:43 pm WITA

OD: Selamat Bekerja Buat Uskup yang Baru

OD: Selamat Bekerja Buat Uskup yang BaruTONDANO, (manadotoday.co.id) – Duta besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi, mentahbiskan Uskup Manado yang baru, Mgr. Benedictus Estepanus Rolly Untu MSc, Sabtu (08/07/2017) di Stadion Maesa Tondano.

Disaksikan ribuan umat Katolik, dalam khotbahnya Filipazzi mengatakan kita berkumpul disini dalam rangkah merayakan misa suci. Allah sendiri yang berkarya dalam misa ini.

“Bangkitkan iman kita dalam diri Uskup baru dan dari dalam diri kita. Allah adalah misteri cahaya ilahi. Kita telah menerima terang dari Allah. Terang merupakan hakikat Allah sebagai penyelamat kita,” urainya.

Sakramen-sakramen ini hendak memperkuat cahaya kepada semua umat. Tugas sebagai Uskup harus bisa membangun komunikasi berlandaskan kasih dengan sesama. Bersinarlah cahaya, dalam kasih akan Allah dan sesama, menuju pada kesempurnaan cinta kasih.

“Karya seorang Uskup harus membimbing perkembangan rohani seluruh umat Allah ,” ujar Filipazzi.

Uskup harus bisa mewujudkan misi Allah untuk mengajar umat Allah, mewartakan Injil, membimbing umat pada kesempurnaannya. Dia juga dituntut keberanian menyampaikan kebenaran, dan membaktikan dirinya bagi pelayanan melalui ajaran-ajaran yang ada bagi pertumbuhan iman gerejani.

“Barang siapa menolak Kamu; dia juga menolak Aku. Kita berdoa semoga Uskup yang baru bisa menjalankan tugas. Mustahil bagi manusia, tapi bagi Allah tiada mustahil,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE (OD) saat menyampaikan sambutan mengatakan, pemerintah dan masyarakat provinsi Sulut menyampaikan banyak selamat kepada Uskup Baru Manado.

“Selamat bertugas buat Uskup yang baru. Dan terima kasik kepada Uskup Mgr. Josef Theodorus Suwatan, MSC , yang telah melayani dari tahun 1990 – 2017,” urai OD.

Dia berharap agar umat Katolik turut serta bersama dengan pemerintah provinsi dalam membangun Sulut. Menurut OD peran umat Khatolik dalam pembangunan Sulut sangat diharapkan, dalam mewujukan Sulut yang berkepribadian dalam budaya, mandiri secara ekonomi.

Acara yang berlangsung khikmah di hadiri oleh kardinal dari Papua Nuigini, para Uskup se Indonesia, wagub Sulut Drs Steven Kandouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, bersama dengan Forkopimda Sulut, dan jajaran pejabat Pemprov Sulut, Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si, Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang serta para pejabat pemkab Minahasa. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment