Menteri Yohana Jamin tak Ada Kekerasan di Lapas Anak Kolongan Tomohon

Reporter : | 09 Jul, 2017 - 9:27 pm WITA

Menteri saat memberikan bantuan kepada warga binaan di Lapas Anak Kolongan Tomohon

Menteri saat memberikan bantuan kepada warga binaan di Lapas Anak Kolongan Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Prof Dr Yohana S Yembise Dip Apling MA menjamin tak ada kekerasan di lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Kelas IIB Kolongan Kota Tomohon.

Hal tersebut dikatakan menteri saat berkunjung ke Lapas Anak yang terletak di Kelurahan Kolongan Satu Kecamatan Tomohon Tengah Minggu (9/7/2017).

Menteri bersama wali kota dan wakil wali kota

Menteri bersama wali kota dan wakil wali kota

‘’ Tugas saya adalah melindungi kaum perempuan dan anak-anak, terlebih khusus anak-anak dan perempuan penghuni di Lapas ini,’’ ujar menteri.

Menurutnya, tidak boleh ada kekerasan terhadap anak dan perempuan apalagi pelecehan dalam Lapas ini. Menurutnya, di Lapas lain, masih terjadi kekerasan terhadap anak dan perempuan serta pelecehan karena penghuninya masih bercampur dengan orang dewasa. Ini menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat.

Menteri menambahkan , untuk anak-anak binaan yang berumur di bawah 18 tahun harus bersekolah, bermain dan berkreasi sesuai dengan konvensi hak anak internasional.

‘’Untuk perempuan, mereka harus diberikan bimbingan, pembinaan dan harus ada usaha-usaha yang dibuat di Lapas ini sehingga para perempuan merasa hidup di rumah sendiri.

Pada kesempatan tersebut, menteri menyerahkan bantuan kepada para anak-anak dan perempuan binaan berupa kebutuhan-kebutuhan pokok dan alat-alat ketrampilan seperti mesin jahit dan alat lainnya.

Para warga binaan di Lapas Anak Kolongan

Para warga binaan di Lapas Anak Kolongan

Untuk Kota Tomohon diserahkan kepada  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berupa perangkat penyuluhan atau media penyuluhan.

Saat berada di rumah dinas wali kota, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak  didampingi Wakil Wali Kota dan jajaran Pemkot   memaparkan seputar kegiatan yang akan dilaksanakan Kota Tomohon dalam waktu dekat yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF) dan mengundang  menteri bersama kementerian untuk ikut ambil bagian dalam even  yang telah menjadi kalender tetap Kementerian pariwisata RI tersebut.

Kunjungan dilanjutkan ke Industry Rumah Panggung Woloan. Menteri didampingi menteri Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian  PPPA dan PP Prof dr Vennetia R Danes MSc PhD, Kadis Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut Ir Mieke Pangkong MSi, dari Pemerintah Kota Tomohon Sekretaris Daerah Ir Harold V Lolowang MSc MTh, Kapolres Tomohon AKBP I Ketus Agus Kusmayadi SIK serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(ark)

Baca Juga :

Leave a comment