Bullet Baba: Legenda Motor Butut yang Dianggap Dewa Pelindung

Reporter : | 05 Jul, 2017 - 5:01 pm WITA

Bullet Baba, Royal Enfield 350cc , Om Singh Rathore, Rajasthan

(foto: Youtube)

MANADOTODAY.CO.ID – Di negara bagian India, Rajasthan, sekira 50km dari kota Jodhpur, di sepanjang jalan tol nasional 65, terdapat sebuah kuil. Mungkin tidak terdengar mengesankan karena hampir setiap sudut India terdapat kuil, tapi yang aneh disini yaitu dewa yang disembah adalah motor Royal Enfield 350cc tua dan pemiliknya yang sudah meninggal dunia.

Kisah dari ‘Om Baba’ atau ‘Bullet Baba’, berasal dari sebuah kecelakaan yang terjadi hampir tiga dekade yang lalu. Pada tanggal 23 Desember 1988, Om Singh Rathore, anak laki-laki dari seorang tetua desa di Chotila, distrik Pali, berusia 23 tahun, sedang mengendarai sepeda motornya dan kehilangan kendali sampai akhirnya menabrak pohon dan meninggal di tempat. Tubuhnya ditemukan keesokan harinya, dan motor ‘Bullet’ rusak yang dikendarainya dibawa ke kantor polisi. Dari situlah keadaan mulai menjadi aneh.

Legenda mengatakan bahwa motor yang dibawah ke kantor itu hilang. Kemudian ditemukan di tempat kejadian kecelakaan. Curiga bahwa hal itu dilakukan oleh keluarga almarhum, mereka kembali membawa motor, mengosongkan tangki bensin dan mencabut rantainya, namun sekali lagi kendaraan itu hilang dan muncul di tempat kecelakaan. Karena takut dengan kutukan, polisi mengembalikan motor ke keluarga Om Singh, yang diduga telah menjual motor kepada seorang pria di Gujarat, namun motor kembali ke lokasi kecelakaan yang berjarak 400 km jauhnya. Pemilik baru rupanya tidak menginginkan motor kembali setelah kejadian itu terjadi.

Cerita tersebut menyebar dengan pesat, dan banyak orang mulai yakin bahwa baik Royal Enfield maupun pengendaranya yang almarhum adalah dewa yang harus disembah. Mereka segera membangun sebuah kuil kecil di lokasi kecelakaan, dengan sebuah tempat suci untuk Om Singh Rathore dan sebuah kotak kaca pelindung untuk motornya. Saat ini, ribuan orang dari seluruh Rajasthan datang ke Kuil Bullet Baba untuk menyembah dewa dan meminta berbagai berkat.

Sopir taksi dan bus lokal bahkan wisatawan yang berkendara di jalan tol nasional 65 sering berhenti di kuil untuk berdoa agar bisa sampai ke tujuan dengan selamat. Mereka percaya bahwa Om Singh dan motor Royal Enfield akan melindungi mereka selama perjalanan, dan banyak yang bersumpah sejak kuil itu didirikan, kecelakaan di jalan raya telah menurun drastis.

Kuil motor Rajasthan masih sangat populer sampai sekarang, bahkan ada pendeta yang bertanggung jawab untuk memelihara kuil, melakukan ritual setiap hari dan mengumpulkan sumbangan. Di seberang jalan, orang-orang mulai mendirikan usaha untuk segala jenis barang, mulai dari alkohol (untuk dipersembahkan di kuil), bunga dan benang suci hingga gantungan kunci dan kartu pos.

“Bisnis di sini sangat bagus. Saya mengoperasikan toko ini bergantian dan kami buka 24 jam sehari. Ada banyak dewa saat ini, tapi hanya ada satu dewa Motor.” kata seorang pemilik toko kepada Boda Hub.

Sumber: Bodahub.com

Baca Juga :

Leave a comment