Nenek 86 Tahun Habiskan Rp12 Miliar Bangun ‘Istana Keramik’

Reporter : | 05 Jul, 2017 - 4:37 pm WITA

istana Keramik, Yu Ermei, Jingdezhen, Cina Timur,

(foto: Xinhua)

MANADOTODAY.CO.ID – Yu Ermei, seorang wanita berusia 86 tahun dari Jingdezhen, Cina Timur, telah menghabiskan sekira $900.000 (Rp12 miliar) untuk membangun sebuah “istana” yang seluruhnya dihiasi dengan potongan keramik.

Ketika Yu datang mengatakan ide untuk membangun istana keramik miliknya enam tahun yang lalu, keluarganya mengira dia telah pikun, tapi dia mencoba menjelaskan itu adalah mimpinya.
Ermei menganggap istananya tersebut merupakan penghormatan kepada kota Jingdezhen yang juga dianggap sebagai “ibukota keramik Cina”. Dia telah tinggal di kota tersebut sejak usia 12 tahun, dan sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk berbisnis keramik.

Selain menjual keramik di seantero Ciina dan luar negeri, Yu Ermei juga telah mengumpulkan keramik selama 30 tahun terakhir, tapi dia tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan koleksinya yang cukup besar tersebut, sampai dia melihat Rumah Porselen yang terkenal di Tianjin. Berbekal koleksi keramik yang berjumlah lebih dari 60.000 keping, dia mulai mewujudkan mimpinya tersebut.

Yu membeli sebidang tanah di sebuah desa di luar Jingdezhen dan mulai mengerjakan sebuah bangunan melingkar besar yang seluruhnya akan dihiasi dengan berbagai potongan keramik. Hampir selesai, istana sekarang terdiri dari sekira 80 ton porselen bekas bahan bangunan maupun dekorasi.

istana Keramik, Yu Ermei, Jingdezhen, Cina Timur,

(foto: Xinhua)

Istana porselen Yu Ermei terlihat sangat indah, menampilkan pola mosaik cerah mengkilap yang diilhami dari berbagai elemen budaya China, mulai dari naga dan burung phoenix, hingga simbol zodiak Cina dan Tai Chi. Tapi bagian dalamnya tidak kalah menakjubkan. Lantai dan dindingnya ditutupi potongan keramik, dan ada piring dan mangkuk yang tergantung di langit-langit. Bahkan jendelanya berbentuk seperti vas porselen.

Ermei mengklaim telah mengeluarkan dana sekira 6 juta yuan (Rp11,7 miliar), dan itu belum termasuk keramik koleksi pribadinya yang digunakan sebagai hiasan bernilai 40 juta yuan (Rp77,4 miliar).

Terlepas dari beban fisik dan keuangan yang dia habiskan, Yu Ermei mengatakan bahwa dia sungguh sangat bahagia. Dia berharap kerajaan keramiknya yang unik akan menarik wisatawan dan memperbaiki kehidupan penduduk setempat.

Sumber: xinhua

Baca Juga :

Leave a comment