Pemkot Tomohon Gelar Bimtek Sistem Informasi Penggajian PNSD

Reporter : | 04 Jul, 2017 - 10:59 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Upaya perbaikan di bidang pengelolaan keuangan terus dilakukan Pemkot Tomohon. Untuk itu, bertempat di Aula Megfra Kelurahan Matani Dua Tomohon Tengah, Selasa (4/7/2017) dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Penggajian PNSD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2017.IMG_9595(1)

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak. Dalam sambutannya, mengatakan bahwa pemerintah daerah wajib melakukan desentralisasi pengelolaan keuangan kepada satuan kerja pemerintah daerah termasuk pengajuan SPM Gaji dan Tunjangan PNSD yang tertuang dalam UU No 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU No 1 Tahun 2004 tentang Pembendaharaan Negara.

“Untuk mencapai pengelolaan gaji dan tunjangan PNSD yang ideal dan tertata baik disadari bukanlah hal yang mudah bagi Pemerintah Kota Tomohon yang mengelola berkisar 2.728 PNS.
Sehingga untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang akuntabel serta menunjang pengelolaan gaji dan tunjangan PNSD maka PT Taspen (Persero) mengembangkan sistem informasi manajemen gaji atau Simgaji yang diberikan gratis kepada pemerintah daerah, di mana Simgaji ini berfungsi untuk pengelolaan gaji PNS pada pemerintahan provinsi, kabupaten dan kota dan dapat menyajikan data secara akurat, tepat dan up to date,” jelas Eman.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa keunggulan yaitu cleansing data BKN, Multi-User, Backup data terjamin dan Maintance dilakukan oleh PT Taspen sehingga dapat memudahkan dalam pengelolaan data sekaligus menjaga keakurasian data yang berkaitan dengan Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Dalam materinya Walikota menjabarkan tentang struktur penggajian yang terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan struktural, tunjangan fungsional, tunjangan beras, tunjangan khusus PPh, tunjangan umum, pembulatan ratusan rupiah, iuran pemda dan potongan gaji.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc dalam materinya menjelaskan tentang pedoman pengelolaan kuangan daerah, dipaparkannya bahwa pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah berada di tangan wali kota yang dilaksanakan oleh kepala satuan kerja pengelola keuangan daerah selaku PPKD dan Kepala Perangkat Daerah selaku pejabat pengguna anggaran dan barang daerah.

Kepala PT Taspen (Persero) Cabang Manado Muhardi SE mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kepercayaan Pemkot Tomohon menggunakan Simgaji Taspen.

”Perlu diketahui, aplikasi Simda Taspen ini dapat menyajikan data secara cepat, mudah dan akurat, sehingga menghasilkan output yang valid dan up to date, dalam 3 hari ini kita akan mengupas tuntas untuk cara penggunaannya,” jelas Muhardi

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mendesentralisasi pengelolaan sistem penggajian PNS kepada perangkat daerah di lingkungan Pemkot Tomohon, juga untuk memberikan pemahaman kepada pengelola keuangan perangkat daerah tentang sistem penggajian PNSD dan memberikan pelatihan kepada operator simda gaji perangkat daerah dalam mengoperasikan sistem informasi penggajian PNSD. Bimtek alan berlangsung selama tiga hari diikuti pengelola gaji dan bendahara di tiap perangkat daerah. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment