Menara Kematian: Arkeolog Temukan Ratusan Tengkorak yang Disusun Jadi Menara

Reporter : | 03 Jul, 2017 - 3:22 pm WITA

Menara Kematian, meksiko, aztec,  Huey Tzompantli,

(foto: Reuters)

MANADOTODAY.CO.ID – Sebuah menara yang terdiri dari ratusan tengkorak manusia – termasuk anak-anak – telah ditemukan di bawah jantung Kota Meksiko.

Dalam ‘menara kematian’ ini, para arkeolog menemukan lebih dari 650 tengkorak yang dilapisi kapur dan ribuan tulang-belulang. Menara berdiri di salah satu kuil utama ibukota Aztec Tenochtitlan, yang saat ini telah menjadi Kota Meksiko.

Antropolog mengatakan temuan tengkorak perempuan dan anak-anak merupakan hal yang tak terduga, dan menimbulkan pertanyaan baru tentang budaya pengorbanan Kekaisaran Aztec.

Menara ini diyakini merupakan bagian dari Huey Tzompantli, susunan tengkorak besar yang membuat bangsa Spanyol ketakutan saat mereka merebut kota di bawah komando Hernan Cortes.

Menara Kematian, meksiko, aztec,  Huey Tzompantli,

(foto: Reuters)

Sejarawan mengatakan ratusan tengkorak yang menghiasi tzompantli, atau rak tengkorak, sebagian besar milik dari para pejuang yang tertangkap, dan hal serupa banyak ditemukan di sejumlah budaya Mesoamerika sebelum penaklukan Spanyol.

Raul Barrera, salah satu arkeolog yang bekerja di lokasi di samping Katedral Metropolitan, mengatakan bahwa tengkorak tersebut akan dipasang di menara setelah dipajang di depan publik di tzompantli.

Menara berdiameter enam meter tersebut, berdiri di sudut kuil Huitzilopochtli, dewa matahari, perang dan pengorbanan manusia bagi suku Aztec. Semantara tinggi menara belum diketahui karena penggalian masih berlangsung.

Suku Aztec dan Mesoamerika melakukan ritual pengorbanan manusia ritual sebagai persembahan kepada matahari.

Sumber: Mirror.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment