Canangkan Pembayaran PBB Tomohon 2017, Eman Harap ASN Jadi Panutan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin (19/6/2017) mencanangkan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017 bertempat di Aula Megfra Kelurahan Matani Dua Kecamatab Tomohon Tengah.IMG_5503

Pencanangan kegiatan yang dikemas dalam Gebyar PBB Perdesaan dan Perkotaan ditandai dengan pemukulan tengkoren oleh Wali Kota Tomohon bersama Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan.

”Keberhasilan kita membangun Kota Tomohon sangat ditopang oleh penerimaan pajak termasuk pajak bumi dan bangunan,” katanya.

Kepada para pejabat bersama seluruh ASN di lingkungan Pemkot Tomohon wali kota mengharapkan agar dapat menjadi panutan bagi masyarakat Kota Tomohon untuk taat dan menjadi pola anutan dalam membayar pajak atau melunasi PBB.IMG_5546

”Demikian  para camat dan lurah yang merupakan garda terdepan agar dapat memberikan teladan dalam pembayaran pajak di masing-masing wilayahnya,” kata Eman.

Di sisi lain, wali kota mengatakan bahwa Kenaikan PBB pada tahun 2017 ini disebabkan karena ada penyesuaian harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Kota Tomohon, sehingga para camat dan lurah harus mensosialisasikannya kepada masyarakat.

”Kepada kelurahan yang melunasi PBB-P2 seratus persen dan sebelum jatuh tempo tentunya akan diberikan penghargaan,” tukas Eman.

Kesempatan itu wali kota  menyerahkan secara simbolis Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) dan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) PBB kepada para camat sekaligus penandatanganan berita acara penyerahan dan nantinya diteruskan kepada para lurah.

Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus Mogi menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat khususnya wajib pajak untuk melunasi pajaknya lebih awal dari waktu yang ditentukan serta membudayakan masyarakat sadar membayar pajak dan menjadikan sebagai pelopor pembayar pajak, serta menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat untuk mendukung pembangunan. IMG_5541

Mogi menguraikan presentase realisasi PBB-P2 Kota Tomohon  per Kecamatan pada tahun 2016 yakni Kecamatan Tomohon Utara realisasi 89,70 persen, Tomohon Tengah 90,27 peesen, Tomohon Selatan 92,34 persen, Tomohon Timur Lunas 100 persen, sedangkan Tomohon Barat realisasinya 92,23 persen.

“Pencapaian realisasi PBB-P2 Kota Tomohon khusus tahun 2016 adalah 91,59 peraen, diharapkan  pada tahun 2017 ini semua kelurahan bisa lunas PBB 100 persen,” tukas Mogi.

Hadir Ketua DPRD Ir Miky Wenur,  Kasubag Pembinaan Anita Kulla SH mewakili Kajari Tomohon, anggota DPRD Piet Pungus SPd gserta para pejabat eselon dua dan tiga Jajaran Pemkot Tomohon serta para lurah. (ark)