Pemprov Sulut Gelar Rapat Pra Evaluasi LPPD Kabupaten dan Kota Tahun 2016

Reporter : | 19 Jun, 2017 - 9:01 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat Pra Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemeruntahan Daerah (LPPD) Kabupaten dan Kota Tahun 2016, yang digelar di ruang WOC kantor gubernur Sulut, Senin (19/6/2017).

Kegiatan sebagai acuan pertimbangan dan penilaian terhadap akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini, dibuka Gubernur Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sulut, Jemmy Kumendong.

Dijelaskan dia, penyusunan LPPD senantiasa harus tersusun sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2007, serta didalamnya wajib tersaji atau berisi data yang objektif dan akuntabel berdasarkan Implementasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

“Penyusunan juga harus bisa mewakili hasil dari capaian penyelenggaraan pemerintah daerah, baik yang telah maupun yang sedang berlangsung,” ujar Kumendong.

Lanjutnya, pra evaluasi ini tentunya adalah salah satu bentuk aktualisasi dari upaya dan langkah strategis yang kemudian yang perlu diikuti dan disukseskan bersama. Evaluasi ini akan melihat materi yang terkandung, mencermati kesesuain data dengan dokumen pendukung sekaligus mengidentifikasi dan menginventarisir berbagai permalahan, kendala dan kelemahan yang disusun dalam penyusunan dalam LPPD tahun 2016.

Kumendong menambahkan, untuk menghasilkan LPPD terbaik harus dilandasi dengan keseriusan, komitmen dan sinergitas yang tinggi antara kabupaten kota dan provinsi.

“Kegiatan ini sebagai media mempermantap kesamaan visi dan kesatuan persepsi, serta memperkokoh tekad, komitmen untuk senantiasa menyempurnakan LPPD dengan data dan informasi selengkap lengkapnya, harapnya. Sebab LPPD Pemerintah Provinsi tidak akan pernah mendapatkan yang terbaik tanpa adanya sinergitas positif tanpa disokong oleh terbaiknya LPPD pemerintah Kabupaten dan Kota,” pungkasnya.

Hadir pada rapat tersebut, perwakilan dari SKPD dan pemerintah kabupaten dan kota di Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment