Lomban Terima Penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah

Walikota Bitung Maximilian Lomban (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan (Foto ist)
Walikota Bitung Maximilian Lomban (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan (Foto ist)

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Dinilai berhasil dan memiliki jiwa pembangunan daerah yang inspiratif, Pusat Kajian Keuangan (Puska) Negara memberikan penghargaan kepada Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, bersama 20 kepala daerah di Indonesia, di Aula Hotel Redtop Jakarta, Kamis (15/6/2017) kemarin.

Penghargaan ini beterpatan dengan momen 21 tahun pelaksanaan Otonomi Daerah (Otda), karena itu Puska Negara memberikan apresiasi kepada 21 kepala daerah yang dianggap mampu menjadi inspirator pemangunan daerah.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Direktur Eksekutif Puska Negara, Prasetyo mengatakan, para kepala daerah tersebut dipandang memiliki inovasi, terobosan, dan gagasan, sehingga mampu menginspirasi elemen pemerintahan maupun masyarakat dalam membumikan Otda.

“Melalui semangat Nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari daerah dan pinggiran, Puska Negara memberikan apresiasi itu sebagai wujud penghargaan agar para kepala daerah terus semangat dalam mengabdi kepada masyarakat,” ujar Prasetyo.

Lanjutnya juga, dari 21 kepala daerah yang menerima penghargaan, 90 persen berasal dari bagian timur Indonesia.

“Secara khusus Puska Negara memang melakukan wawancara mendalam dengan mendatangi para kepala daerah terutama wilayah timur Indonesia dengan semangat perataan pembangunan, yang sedang gencar dicanangkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Turut mendampingi Lomban, Ketua TP-PKK Kota Bitung, Khouni Lomban-Rawung, Kaban Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Ferdinand Tangkudung, Kadis Kesehatan dr Franki Soriton MPHM, Kabag Humas dan Protokol Pingkan Kapoh, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Riano Senduk.(kys)