Reformasi Administrasi Pajak Kunci Keberhasilan Kebijakan Pajak

SULUT, (manadotoday.co.id) – Reformasi administrasi pajak menjadi salah satu kunci dalam kebijakan pajak. Hal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey, melalui sambutan yang diwakili Asisten II Bidang Perkonomian dan Pembangunan, Rudi Mokoginta, dalam bimbingan teknis kerjasama implementasi Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) yang digelar di ruangan F.J Tumbelaka kantor gubernur Sulut, Kamis (15/6/2017).

“Reformasi administrasi perpajakan harus senantiasa dilakukan secara berkesinambungan agar fungsi pelayanan dapat diberikan otimal kepada masyarakat,” katanya.

Dengan sistem administrasi perpajakan yang baik, menurut Olly akan mampu mengoptimalkan realisasi penerimaan perpajakan dan meningkatkan kepatuhan pajak yang semakin efektif dan efisien.

“Salah satunya modernisasi administrasi pelayanan pajak melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk didalamnya Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP),” ujar Mokoginta mengutip sambutan Olly.

Diketahui KSWP adalah aplikasi berbasis web yang dijalankan untuk memastikan bahwa pemohon izin seperti IMB, Tanda Daftar Perusahaan dan sebagainya telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah menyampaikan SPT Tahunan selama dua tahun berturut-turut.

Dijelaskan Olly, bimbingan teknis KSWP dapat menyamakan persepsi masyarakat terkait pemberlakukan KSWP pada layanan publik. Disamping itu diharapkannya seluruh peserta dapat memahami seluruh informasi penting yang disampaikan penyaji materi.

“Saya menghimbau seluruh peserta dapat fokus dan perhatian penuh terhadap setiap substansi materi yang disampaikan untuk memperkuat administrasi perpajakan serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak,” imbuhnya.

Adapun bimbingan teknis tersebut turut dihadiri F.N. Rumondor dari Bidang P2 Kanwil Ditjen Pajak Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara dan peserta dari instansi terkait. (ton)