Pasar Tondano Akan Diperiksa Balai Besar POM Manado

Reporter : | 09 Jun, 2017 - 7:15 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) РKepala balai besar pegawasan obat dan makanan (POM) Manado, Dra Rustyawati, menegaskan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan melakukan pengawasan bahan makanan berformalin seperti tahu dan mie. Hal itu diungkapkan Rustyawati saat menjadi pembicara pada Forum Advokasi Komitmen Pemda dan Lintas Kektor Dalam Rangkah Implementasi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di ruang sidang kantor Bupati Minahasa, Jumat (9/06/2017).

“Kami akan melakukan intervensi sebagai cara kami dalam rangka menjauhkan warga dari mengkonsumsi bahan makanan yang berformalin dan boraks,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Rustyawati, pihaknya telah melaksanakan program ini di sejumlah pasar di Sulawesi Utara dan kini giliran pasar Tondano yang berkedudukan di kabupaten Minahasa.

Adapun bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan bahan makanan berbahaya ini jika dikonsumsi manusia diantaranya kanker, ginjal dan penyakit lainnya. Khusus bagi petugas pasar akan diberikan pelatihan tentang bagaimana caranya mengetahui bahan makanan yang mengandung formalin atau boraks.

“Ini butuh kerjasama semua pihak terutama warga atau konsumen, sebab nantinya bahaya ini akan dialami oleh warga jika tidak hati-hati dalam membeli produk yang berbahaya bagi kesehatan kita,” tukasnya. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment