Walikota Bitung Optimis Raih Adipura 2017

Reporter : | 08 Jun, 2017 - 9:04 pm WITA

Walikota Bitung Maximilan Jonas Lomban, saat mempresentasikan Program Adipura kota Biutung di The Sultan Hotel Gatot Subroto Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017)

Walikota Bitung Maximilan Jonas Lomban, saat mempresentasikan Program Adipura kota Bitung di The Sultan Hotel, Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017)

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban optimis Kota Bitung akan kembali meraih penghargaan Adipura di 2017 ini.

Keyakinan ini menurut Lomban sangatlah beralasan karena Kota Bitung bukan hanya sekedar bersih secara fisik tapi tapi ini juga ditunjang oleh berbagai inovasi seperti Kota Low Carbon Model Town (LCMT) untuk bersih diudara, Amnesty Septick Tank untuk bersih didalam tanah, pengurangan sampah plastik dalam program Go Green yang diprakarsai PKK dan Dharma Wanita serta kampanye Selamatkan Yaki yang bertujuan untuk kelestarian hutan.

“Saya optimis Bitung akan meraih Adipura 2017, sebab,” tandas Lomban saat mempresentasikan Program Adipura kota Biutung di The Sultan Hotel Gatot Subroto Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Dalam kesempatan itu Lomban juga memaparkan bahwa Kota Bitung dalam pengelolaan lingkungan hidup menerapkan (5 bersih) yakni bersih di darat, laut, bawah tanah, udara, dan bersih Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Selain itu tentang program lingkungan hidup melalui car free day, less plastic, save yaki, low karbon model town, hidroponik, gerakan cinta satwa liar, lindungi Selat Lembeh dan pemanfaatan ruang terbuka hijau, “papar Lomban.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Adipura Prof Dr Sarwono Kusumaatmadja tertarik atas pemaparan Lomban terutama 5 Butir Inovasi 5B serta tentang perlindungan Satwa Endemik seperti Yaki, Burung dan berbagai jenis ikan, juga kagum apa yang dimiliki kota Bitung yang memuiliki hutan dan hutan lindung Tangkoko.

Turut Hadir Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban-Rawung bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jeffry Wowiling.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment