Korengkeng Buka Sosialisasi Pembakuan Unsur Rupa Bumi

tmp-cam-1839844617TONDANO, (manadotoday.co.id) – Kamis, 8 Juni 2017 bertempat di ruang sidang kantor Bupati Minahasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MSi, membuka sosialisasi Pembakuan Unsur Rupa Bumi, yang dihadiri oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Dr. Jemmy Kumendong, MSi, Seluruh camat, Lurah dan hukum tua se-kabupaten Minahasa sebagai peserta kegiatan.

Kegiatan diawali laporan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan Umum dan Otda Bapak David A. Mangundap, SE, selaku penanggungjawab.

Sekretaris Kabupaten Minahasa saat membacakan sambutan Bupati Minahasa mengatakan bahwa pembangunan semakin gencar-gencarnya dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam usaha menuju Minahasa yang sejahtera dan bermartabat.

“Banyak hasil-hasil pembangunan yang bisa kita lihat dan nikmati saat ini sebagaimana yang telah tertuang dalam agenda pembangunan melalui slogan ‘Minahasa harus berubah’ sudah berada pada jalan yang semestinya, sehingga pembakuan unsur rupa bumi buatan juga merupakan hal yang sangat penting demi keselarasan pembangunan, mewujudkan tertib administrasi wilayah, mewujudkan adanya kesamaaan pengertian serta mewujudkan data dan informasi akurat mengenai nama rupa bumi baik untuk kepentingan nasional maupun internasional,” ujar Sekda.

Terkait pembakuan unsur rupa bumi, perlu dijelaskan bahwa unsur rupa bumi terbagi atas dua, yakni unsur rupa bumi alami dan unsur rupa bumi buatan. Agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam tindaklanjut di wilayah, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Perlu diingatkan pula bahwa dalam pembakuan unsur rupa bumi buatan ini, ada diverifikasi secara berjenjang, dimulai dari camat menginventarisasi data yang dimasukan oleh desa dan kelurahan, kemudian dilaporkan secara berjenjang sampai tim nasional sebelum ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

Mengakhiri sambutan, Korengkeng memberikan apresiasi kepada bagian pemerintahan dan otda sekretariat daerah kabupaten Minahasa karena telah menyelenggarakan kegiatan yang strategis dan penting ini. Serta semua pihak yang telah bersedia memberikan materi dan menghadiri kegiatan.

“Momentum ini tentunya melahirkan motivasi baru sekaligus memacu semangat kita untuk semakin bekerja keras untuk kemajuan daerah ini ,” terang Korengkeng. (Rom)