Tomohon Siap Pertahankan Pancasila, Wali Kota Minta Masyarakat Bersatu

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Seperti daerah lainnya di Indonesia yang secara serentak menggelar

Wali Kota menyerahkan SK Kenaikan Pangkat kepada Sekretaris Kota
Wali Kota menyerahkan SK Kenaikan Pangkat kepada Sekretaris Kota

Peringatab Hari Kahir Pancasila, Kota Tomohon menggelar upacara di Halaman Kantor Wali Kota Kamis (1/5/2017).

Wali Kota Tomohon saat menjadi Irup Peringatan  Hari Lahirnya Pancasila
Wali Kota Tomohon saat menjadi Irup Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak meminta seluruh komponen  masyarakat Kota Tomohon untuk bersatu memoertahankan Pancasila sebagai Idiologi dan Dasar Negara.

Dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang dibacakan oleh Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dikatakan bahwa Pancasila  merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal l Juni 1945 yang dipidatokan lr Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan  rumusan final Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945.

Upacara Hari Lahir Pancasila di Kota Tomohon
Upacara Hari Lahir Pancasila di Kota Tomohon

”Adalah jiwa  besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga  kita  bisa  membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan  kita,” kata Eman membacakan sambutan presiden.

Dilanjutkannya, harus diingat bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman. Keberagaman yang terdiri dari berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, atau yang biasa dikenal dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Namun, saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan atau Kebinekaan kita sedang Diuji.

”Olehnya, saya mengajak peran aktif para ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pedanda, Tokoh Masyarakat, Pendidik, Pelaku Seni, Pelaku Media, Jajaran Birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk  menjaga Pancasila.

Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita dengan bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa,” ajak presiden.

Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak kepada  59 ASN di lingkup Pemkot Tomohon.

Hadir juga Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Wakapolres Tomohon Kompol Dewa Made Palguna SH SIK, Dandim 1302 diwakili Danramil Tomohon Kapten Inf Feky Welang, Kejari Tomohon diwakili Kasubagbin Kejari Tomohon Anita Kulla SH, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh, seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan para peserta upacara. (ark)