Buat Film Tentang Yaki, Rawung Apresiasi Anak Presiden Irlandia

Reporter : | 01 Jun, 2017 - 10:35 pm WITA

tmp-cam--1799274716BITUNG, (manadotoday.co.id) – First Lady Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MSi, merasa terharu sekaligus mengapresiasi anak Presiden Irlandia, John Higgins, selaku Producer Moondance Production atas rencana pembuatan film dokumenter Satwa Endemik Sulawesi Utara (Sulut) Macaca Nigra atau disebut warga lokal Yaki Panta Merah.

Saat kunjungan beberapa waktu lalu, Rawung yang adalah Duta Yaki memaparkan betapa tragisnya kondisi Yaki Panta Merah di Sulut saat ini, yang kerap diburu untuk dimakan atau sekedar dijadikan hewan peliharaan.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi bagi tim yang datang karena secara khusus mau membuat suatu karya tentang kelestarian Yaki. Karena sebagai Duta Yaki kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk merubah paradigma masyarakat Sulut yang menganggap Yaki sebagai objek makanan atau hewan peliharaan. Padahal selain berbahaya untuk dikonsumsi peran Yaki dalam menjaga kelestarian hutan belum sepenuhnya dipahami masyarakat. Saya berharap melalui film dokumenter tentang Yaki tersebut dapat membuka pandangan masyarakat lokal maupun dunia tentang pentingnya kelestarian hewan yang hanya memiliki anak setahun sekali ini, sehingga pergerakan kelestarian lingkungan terhadap hewan endemik dapat muncul dan semoga dapat menurunkan kasus perburuan liar Yaki di Sulut,” jelas Rawung

John Higgins sebagai penggiat lingkungan yang datang bersama timnya dari Irlandia dan tanpa pengawalan ekstra tersebut berjanji akan menggarap film dokementer ini sebaik mungkin, sehingga segenap harapan masyarakat tentang kelestarian Yaki dapat tergambar jelas dalam film tersebut.

Walikota Bitung Maximimiliaan J Lomban SE MSi pun ikut memberikan support kepada tim dengan memberikan beberapa cenderamata serta beberapa buku yang menggambarkan potensi dan keunggulan lain Kota Bitung.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment