Bupati James Sumendap Pimpin Upacara Hari Lahirnya Pancasila

tmp-cam-42748881RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, memimpin upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, di halaman kantor Bupati, Kamis (1/6/2017).

“Peringatan Hari Pancasila setiap tahun kita rayakan agar kita lebih mendalam dan menghayati nilai-nilai leluhur Pacasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara,”kata Sumendap.

Dilanjutkan Sumendap, ‎Pancasila merupakan dasar negara kita dari hasil sebuah rangkaian proses yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Soekarno.

“Ini sangat penting untuk mengingatkan bahwa Pancasila itu satu-satunya ideologi bangsa yang sudah mengakomodasi semua kepentingan, baik soal agama, suku dan keberagaman lainnya,” ucapnya.

tmp-cam-1265014790Keberagaman bangsa Indonesia kata Sumendap, saat ini diuji dengan potensi perpecahan. Padahal Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika itu mengingatkan perbedaan tapi untuk persatuan.

“Mari kita terus bersatu melawan kelompok redikal yang mau hancurkan NKRI. Peringatan hari Pancasila bisa menyadarkan masyarakat terutama keberagaman yang kini terdegradasi. Mengingat kini sangat rentan gesekan antar suku, agama, ras dan antargolongan,”tandas Sumendap.

Hadir pada upacara lahirnya Pancasila, Ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke, Wakil Ketua Tonny Lasut, kapolsek Ratahan, Danramil, Pejabat di lingkup Pemkab Mitra dan para ASN. (ten)